Dalimunthe, Sarika Adawiah (2024) Penerapan media video animasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas II SD Negeri 200515 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500197.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas II SD Negeri 200515 Padangsidimpuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi penjumlahan di kelas II SD Negeri 200515 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah penerapan media video animasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi operasi penjumlahan di kelas II SD Negeri 200515 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan dua siklus. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan tes pilihan ganda. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Negeri 200515 Padangsidimpuan yang terdiri dari 27 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat melalui penerapan media video. Hal ini dilihat dari nilai hasil belajar kognitif siswa dimulai dari nilai pree test dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 22,22% (6 dari 27 siswa) dengan nilai rata-rata 50,55. Siklus I pertemuan I persentase ketuntasan siswa sebesar 37,03% (10 dari 27 siswa) dengan rata-rata 68,70 dan siklus I pertemuan II persentase ketuntasan siswa sebesar 55,55% (15 dari 27 siswa) dengan rata-rata 77,96. Siklus II pertemuan I persentase ketuntasan siswa sebesar 77,77% (21 dari 27 siswa) dengan nilai rata-rata 83,51, dan siklus II pertemuan II persentase ketuntasan siswa sebesar 92,59% (25 dari 27 siswa) dengan nilai rata-rata 90,18. Karena persentase ketuntasan sudah mencapai dengan indikator tindakan yaitu 80% maka penelitian ini dihentikan sampai siklus II pertemuan II.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Suparni, S.Si., M.Pd. dan Asriana Harahap, M.Pd. |
Keywords: | Video animasi; Hasil belajar siswa; Matematika; Kelas II; SD Negeri 200515 Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:23 |
Last Modified: | 21 May 2025 08:57 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12090 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |