Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SD Muhammadiyah Sorik Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan

Siregar, Sarifah Yanti (2024) Peningkatan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) pada mata pelajaran IPS di Kelas IV SD Muhammadiyah Sorik Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500084.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang masalah ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Hal ini disebabkan karna model pembelajaran yang diterapkan belum optimal dan siswa kurang tertarik dengan proses pembelajaran. Maka, perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas melalui penggunaan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas IV SD Muhammadiyah Sorik Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial siswa kelas IV meningkat dengan menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan pada tahap perencanaan, tindakan, observasi da refleksi di SD Muhammadiyah Sorik Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan. Subyek penelitian ini adalah 16 siswa kelas IV, 9 laki-laki dan 7 perempuan. Pengujian, wawancara, observasi dan dokumentasi berfungsi sebagai alat instrument. Dari hasil analisis data peneliti menemukan persentasi yang gosiklus I pertemuan rata rata nilai siswa 65,9 (7 dari 16 Siswa). Pada Siklus I Pertemuan II rata-rata nilai siswa 72,5 (8 dari 16 siswa). Pada Siklus II Pertemuan I rata-rata nilai siswa 74,3 ( 11 dari 16 Siswa) Sedangkan pada siklus II pertemuan II rata rata nilai siswa 90 (14 dari 16 siswa). Hasil skor yang dicapai dalam penelitian ini sudah mencapai indikator

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Hj. Hamidah, M.Pd dan Nashran Azizan, M.Pd
Keywords: Hasil belajar; Siswa; Model pembelajaran; Auditory Intellectually Repetition (AIR); IPS; Kelas IV SD Muhammadiyah Sorik; Kecamatan Batang Angkola Kabupaten Tapanuli Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Zura idah
Date Deposited: 16 May 2025 07:22
Last Modified: 16 May 2025 07:22
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12089

Actions (login required)

View Item View Item