Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Analisis kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik pada peserta didik SDN 07 Rantau Utara

Hayani, Riya Datul (2024) Analisis kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik pada peserta didik SDN 07 Rantau Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500128.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Pembelajaran tematik menekankan pada keterlibatan peserta didik dalam proses belajar secara aktif. Akan tetapi, penerapan pembelajan tematik tidak selalu berjalan dengan baik, karena masih ada peserta didik yang mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran tematik. Seperti, beberapa mata pelajaran di dalam pembelajaran tematik yaitu Bahasa Indonesia dan IPS hanya sedikit didalam sebuah materi sehingga terjadinya materi yang melompat-lompat yang membuat peserta didik kebingungan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik di SDN 07 Rantau Utara, dengan fokus pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian yang dilakukan oleh guru dan kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi untuk mengumpulkan data dari guru, kepala sekolah, dan peserta didik. Subjek penelitian ini yaitu guru wali kelas VA, Kepala Sekolah SDN 07 Rantau Utara, dan Peserta Didik yang mengalami kesulitan belajar dalam pembelajaran tematik. Kemudian, data dianalisis menggunakan langkah-langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa peserta didik mengalami kesulitan belajar seperti kesulitan menulis, kesulitan membaca, dan kesulitan berhitung. Dalam kesulitan yang dialami guru dan kepala sekolah menunjukkan bahwa aspek perencanaan, menghadapi tantangan dalam menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan peserta didik dan karakteristik peserta didik, sehingga kurang mendukung tercapainya tujuan pembelajaran. Dalam pelaksanaan, terlihat dalam penyampaian materi masih terpisah-pisah.. Pada aspek penilaian, guru masih belum optimal dalam merancang instrument penilaian yang dapat mengukur pemahaman tematik secara menyeluruh.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nursyaidah, M.Pd. dan Ade Suhendra, S.Pd.I., M.Pd.I.
Keywords: Kesulitan belajar; Peserta didik; Pembelajaran tematik; SDN 07 Rantau Utara
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 16 May 2025 07:21
Last Modified: 21 May 2025 08:56
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12088

Actions (login required)

View Item View Item