Sarqawi, Intan (2024) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada pembelajaran IPA Kelas V di MIN 3 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500073.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa masih tergolong rendah. Hal ini dikarenakan siswa hanya mencatat, membaca buku dan menghafal yang diberikan oleh guru, dan siswa kurang fokus terhadap pelajaran tersebut, sehingga pembelajaran menjadi monoton dan tidak menyenangkan yang menyebabkan siswa akan merasa bosan dan jenuh dengan pembelajaran yang berlangsung karena tidak ada variasi pembelajaran. Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournaments (TGT) pada pembelajaran IPA kelas V MIN 3 Padangsidimpuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa?. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa salah satu cara yang dilakukan yaitu melalui model pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas V Di MIN 3 Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan, tes. Hasil penelitian adanya peningkatan hasil belajar sswa dari pra siklus nilai rata-rata 68,69 kemudian pada siklus I pertemuan 1 nilai rata- rata 72,6 kemudian siklus I pertemuan 2 menjadi 75,21 dan siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata 77,39 dan siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata 84,78. Persentase siswa yang tuntas pada pra siklus 34,78%, kemudian meningkat pada siklus I pertemuan 1 dari 39,13% menjadi 52,17% pada siklus I pertemuan 2 dan pada siklus II pertemuan 1 69,56% menjadi 86,95% pada siklus II pertemuan 2. Persentase yang tidak tuntas pada pra siklus 65,22%, menurun pada siklus I pertemuan 1 60,86% kemudian siklus I pertemuan 2 menjadi 47,82% dan pada siklus II pertemuan 1 30,43% dan siklus II pertemuan 2 13,04%. Sesuai dengan indikator keberhasilan tindakan pada penelitian ini, dimana siswa sudah melewati KKM (75) dengan nilai rata-rata 84,78 dan persentase siswa yang tuntas sebesar 86,95%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MIN 3 Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Diyah Hoiriyah, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT); IPA; MIN 3 Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 May 2025 17:01 |
Last Modified: | 22 May 2025 08:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12085 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |