Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas v SD di MIN 2 padangsidimpuan

Safitri, Dewi (2024) Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe Crossword puzzle untuk meningkatkan hasil belajar PPKN siswa kelas v SD di MIN 2 padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
DEWI SAFITRI (PGMI) - Dewi Safitri.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PPKn siswa di MIN 2 Padangsidimpuan dengan penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) sering kali menghadapi tantangan dalam menarik minat siswa, terutama di kelas V MIN 2 Padangsidimpuan, di mana hasil belajar siswa masih rendah. Masalah ini disebabkan oleh penggunaan metode pengajaran konvensional yang kurang efektif, serta kurangnya keterkaitan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa dan minimnya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PPKn melalui penerapan strategi pembelajaran aktif tipe crossword puzzle. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklusnya ada dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa, dengan rata-rata nilai pada tes awal sebesar 56,79 dilanjutkan pada pertemuan pertama siklus I sebesar 62,50 dan meningkat menjadi 68,57 pada pertemuan kedua siklus I, kemudian meningkat lagi pada pertemuan pertama siklus II dengan nilai rata-rata 76,43 hingga meningkat pada pertemuan kedua siklus II dimana nilai rata-rata nya sebesar 84,29. Peningkatan ini mencerminkan keberhasilan strategi pembelajaran aktif dalam memotivasi siswa dan meningkatkan hasil belajar, dengan 89% siswa mencapai kriteria ketuntasan belajar. Data observasi dan hasil belajar menunjukkan bahwa penerapan strategi crossword puzzle tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa tetapi juga hasil akademis mereka, sehingga dapat disimpulkan bahwa strategi ini efektif dalam pembelajaran PPKn.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag. M.Pd dan Nashran Azizan, M.Pd
Keywords: Strategi pembelajaran aktif tipe Crossword puzzle; PPKN; SD di MIN 2 padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160104 Social and Cultural Anthropology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 May 2025 16:55
Last Modified: 14 May 2025 16:55
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12084

Actions (login required)

View Item View Item