Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN 04 Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan

Harahap, Riska Nurbayti (2024) Penerapan pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA Kelas V SDN 04 Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
RISKA NURBAYTI HARAHAP pdf - Riska nurbayti Harahap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa kelas V di SDN 04 Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan minimnya ketertarikan siswa dalam belajar sehingga hasil belajar siswa banyak yang belum mencapai KKM. rendahnya hasil belajar siswa dibuktikan oleh penerapan metode pembelajaran yang belum bervariasi dan banyaknya hasil belajar siswa yang memiliki nilai di bawah KMM, khususnya pada nilai hasil ulangan IPA. Rendahnya hasil belajar pada ranah kognitif pada pelajaran IPA, karena peran guru dalam menyampaikan materi lebih dominan dibandingkan keaktifan siswa itu sendiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dengan Menggunakan pendekatan saintifik di kelas V SDN 04 Asam Jawa Kecamatan Torgamba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang kolaborasi dengan guru wali kelas V. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 04 Asam Jawa, dengan subjek penelitian kelas V yang berjumlah 30 orang. Adapun instrument pengumpulan data yang digunakan berupa lembar observasi dan lembar tes. Penelitian ini dilaksanakan dengan II siklus, setiap siklus terdapat dua kali petemuan. Hasil penelitian dengan penerapan pendekatan saintifik dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V. Hal ini diihat dari hasil belajar siswa mulai dari pra siklus dengan nilai rata-rata siswa 54 dan presentase ketuntasan 23,33%. Siklus I pertemuan 1 nilai rata-rata siswa 61,6 dengan presentase ketuntasan 33,33%. Siklus I pertemuan 2 nilai rata-rat siswa 67,33 dengan presentase ketuntasan 40%. Siklus II pertemuan 1 nilai rata-rata siswa 73,66 dengan presentase ketuntasan 66,66%. Siklus II pertemuan 2 diperoleh nilai rata-rata siswa 83 dengan presentase ketutasan mencapai 83,33%. Setelah dilakukan sebuah penelitian dari siklus I-II maka didapatkan hasil bahwa pendekatan saintifik ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas V SDN 04 asam jawa kecamatan torgamba, kabupaten labuhanbatu selatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Misahradarsi Dongoran, M.Pd
Keywords: Penerapan pendekatan saintifik; Mata pelajaran IPA; Kelas V; SDN 04 Asam Jawa Kecamatan Torgamba Kabupaten Labuhan Batu Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 May 2025 16:43
Last Modified: 14 May 2025 16:43
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12082

Actions (login required)

View Item View Item