Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 200 Kotanopan Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal

Morani, Winda (2024) Penerapan model pembelajaran picture and picture untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 200 Kotanopan Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
Bagi WINDA MORANI pdf - Winda Morani.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan minat belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran pada peserta didik kelas IV. Model pembelajaran picture and picture merupakan salah satu model pembelajaran aktif yang menggunakan gambar yang dipasangkan atau diurutkan menjadi urutan yang sistematis, seperti mnyusun gambar secara berurutan, menunjukkan gambar, memberi keterangan gambar, dan menjelaskan gambar. Model pembelajaran ini memiliki ciri aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan penelitian tikdakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti bahwa masih rendahnya minat belajar siswa pada kelas IV SDN 200 Kotanopan. Hal ini terlihat, dari 26 siswa yang berada di kelas hanya 8 siswa yang memperhatikan guru, sedangkan siswa yang lain tidak fokus dan mengobrol dengan teman sebangkunya disaat guru menjelaskan materi pembelajaran. Hal ini mengakibatkan terjadinya komunikasi satu arah antara guru dan siswa pada saat proses pembelajaran. Peneliti melakukan tindakan dengan penerapan model pembelajaran picture and picture dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan minat belajar siswa di kelas IV SDN 200 Kotanopan. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan angket minat belajar. Observasi dan angket ini digunakan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran. Pada pra siklus rata-rata minat belajar siswa hanya 47,4 atau 76% memproleh nilai ≤ 59 termasuk dalam kategori sangat rendah. Pada siklus I pertemuan 1 rata-rata minat belajar siswa meningkat terjadi 56,5 atau 46% memperoleh nilai ≤ 59. Pada siklus II pertemuan 1 rata-rata minat belajar siswa 74,4 atau 73% memperoleh skor minat belajar ≥ 59 termasuk dalam kategori rendah. Pada siklus II pertemuan 2 nilai rata-rata siswa mengalami peningkatan yang cukup tinggi menjadi 82,1 atau 84% memproleh skor minat belajar ≥ 80 termasuk dalam kategori tinggi, maka sudah memenuhi kriteria keberhasilan penelitian dan penelitian ini dapat dikatakan telah berhasil. Dengan demikian melalui penerapan model pembelajaran picture and picture dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 200 Kotanopan Kecamatan Kotanopan Kabupaten Mandailing Natal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi,M.A. dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M.Psi.
Keywords: model pembelajaran picture and picture; Pembelajaran IPA; SDN 200 Kotanopan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 14 May 2025 16:37
Last Modified: 14 May 2025 16:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12081

Actions (login required)

View Item View Item