Sukma, Yunita (2024) Penggunaan media komik untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 200508 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500041.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik, disebabkan kurangnya penggunaan media belajar, sehingga peserta didik kurang tertarik dengan pembelajaran yang dilaksanakan, faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik yaitu rendahnya minat baca peserta didik, tidak adanya pembelajaran yang menarik serta tidak adanya penghargaan dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam menggunakan media komik pada pembelajaran bahasa Indonesia materi paragraf di kelas V SD Negeri 200508 Padangsidimpuan. Media komik merupakan kumpulan gambar bersejajar berbentuk karakter kartun yang memerankan suatu cerita berisi pesan atau informasi yang ingin dituju secara singkat, padat, dan mudah dipahami. Pemilihan media ini dikarenakan cukup menyenangkan, sebab dalam pembelajaran dapat memberikan kesempatan pada peserta didik untuk lebih aktif. Komik mempunyai daya tarik tersendiri untuk memikat peserta didik yang malas untuk membaca menjadi tertarik untuk membaca. Karena pada umumnya karakteristik anak sekolah dasar membutuhkan media yang konkrit, menarik dan menyenangkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan model Kurt Lewin yang berisi tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penggunaan media komik dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya persentase ketuntasan hasil tes belajar peserta didik di setiap siklusnya. Pada pra siklus hasil tes belajar peserta didik mencapai nilai rata-rata 49,52 dengan persentase ketuntasan mencapai 19%. Siklus I pertemuan 1 hasil tes belajar peserta didik mencapai nilai rata-rata 70 dengan persentase ketuntasan mencapai 43%. Pertemuan ke 2 nilai rata-rata siswa 76,19 dengan persentase ketuntasan mencapai 62%. Pada siklus II pertemuan 1 mencapai nilai rata-rata 80 dengan persentase ketuntasan mencapai 71% dan pertemuan 2 mencapai nilai rata-rata 82,85 dengan jumlah persentase ketuntasan mencapai 90%. Dengan peningkatan disetiap siklus yang diperoleh maka penelitian dapat dihentikan pada siklus II
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd. |
Keywords: | Media komik; Bahasa Indonesia; Siswa Kelas V; SD Negeri 200508 Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 May 2025 16:04 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:51 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |