Kaltsum, Ummi (2024) Penggunaan metode jarimatika untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian di Kelas III SD Negeri 200211 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500038.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui penggunaan metode jarimatika dapat meningkatkan minat belajar siswa pada siklus I dan II di kelas III SD Negeri 200211 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam menghitung perkalian. Hal ini disebabkan oleh beberapa factor yang menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam menghitung perkalian yaitu siswa masih sulit menghapal karena daya ingat yang kurang, masih kurangnya penggunaan metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru, kurangnya minat siswa dalam materi perkalian. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu, perencanaan, pelaksanaan/tindakan, pengamatan, dan refleksi. Sebagai subjek adalah peserta didik kelas III SD Negeri 200211 Padangsidimpuan yang berjumlah 22 siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode jarimatika untuk meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran matematika materi perkalian di kelas 3 SD Negeri 200211 Padangsidimpuan yang semakin meningkat dan membaik setiap pertemuan hal ini buktikan pada proses pembelajaran yang dilakukan pada siklus I pertemuan 1 dengan hasil skor minat belajar siswa nilai rata-rata 62,15% kategori sedang, 10 orang kategori sedang (46%), 12 siswa kategori rendah (54%), pada siklus I pertemuan 2 dengan hasil skor minat belajar siswa dengan nilai rata-rata 75,88% kategori sedang, 13 siswa kategori sedang (60%), 9 siswa kategori rendah (40%). Pada siklus II pertemuan 1 skor minat belajar siswa dengan nilai rata-rata 82,50% kategori tinggi, 3 siswa kategori sangat tinggi (14%), 9 siswa kategori tinggi (86%), pada siklus II pertemuan 2 skor minat belajar siswa dengan nilai rata-rata 88,88% kategori tinggi, 18 siswa kategori sangat tinggi (82%), 4 siswa kategori tinggi (18%). Dari data yang diperoleh nilai skor minat belajar siswa sudah mencapai nilai yang diharapkan dengan presentase 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Drs. H. Syafnan, M.Pd dan Mandasari Dalimunthe, M.Psi |
Keywords: | Metode jarimatika; Minat belajar; Siswa; Matematika; Kelas III; SD Negeri 200211 Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 May 2025 15:41 |
Last Modified: | 21 May 2025 09:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12074 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |