Ritonga, Nurhidayah (2024) Pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa pada pokok bahasan peluang kejadian Kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020200037.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Hasil belajar siswa SMA dalam bidang Matematika masih tergolong rendah, salah satunya disebabkan oleh kurangnya waktu diberikan untuk memahami suatu materi dan pada proses pembelajaran masih didominasi guru yang kurang inovatif sehingga membuat siswa menjadi pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi peluang kejadian. Penelitian dilaksanakan di kelas X SMA N 4 Padangsidimpuan dengan jumlah seluruh kelas X 340 siswa dan sampel penelitian sebanyak dua kelas yang masing-masing kelas berisi 34 siswa. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain yang digunakan adalah Control Grup Post Test Only Design. Instrumen yang digunakan berupa tes esai sebanyak 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan pengaruh yang signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Flipped Classroom dalam pokok bahasan peluang kejadian pada kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Kesimpulannya, model pembelajaran Flipped Classroom berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran Matematika. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji T (Independent Sample t Test). Melalui uji-t yang telah dilakukan dengan rumus tes rata-rata dengan menghitung nilai Post Testt maka thitung sebesar 2,237 dan ttabel sebesar 1,99656 berarti 2,237 > 1,99656 dan nilai signifikannya lebih kecil dari 0,05 yaitu 0,029 sehingga Ho ditolak dan H diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Flipped Classroom terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Lili Nur Indah Sari, S.Pd.I., M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaran; Flipped Classroom; Hasil belajar siswa; Peluang kejadian; Kelas X; SMA Negeri 4 Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Mrs. Elysa Fitri Pakpahan |
Date Deposited: | 16 May 2025 07:21 |
Last Modified: | 21 May 2025 08:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12071 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |