Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan model kurikulum berbasis teoantropoekosentris di Ma’had Al-Jamiah Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Usman, Usman (2024) Pengembangan model kurikulum berbasis teoantropoekosentris di Ma’had Al-Jamiah Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100032.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan memiliki paradigma Teoantropoekosentris yang menjadi kerangka keilmuan khususnya dalam pengimplementasian kurikulum di Ma’had Al-Jamiah. Kurikulum Ma’had Al-Jamiah belum sepenuhnya mengadopsi pendekatan berbasis Teoantropoekosentris, yang terlihat dari penawaran program, kurangnya alokasi waktu dan kurangnya evaluasi pada kurikulum yang sudah di implementasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mendeskripsikan dan menganalisa desain awal pengembangan model kurikulum berbasis Teoantropoekosentris di Ma’had Al-Jamiah Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan dan untuk mendeskripsikan dan menganalisa validitas dan praktikalitas pengembangan model kurikulum berbasis Teoantropoekosentris di Ma’had Al-Jamiah Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Pengembangan model kurikulum Ma’had Al-Jamiah berbasis Teoantropekosentris digunakan model pengembangan Analysis, Design, Develop, Implement, and Evaluation (ADDIE). Instrumen penelitian ini adalah kuisioner, wawancara dan masukan dari ahli, subjek penelitian ini adalah mahasiswa, dosen, dan pimpinan di Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Penelitian ini melibatkan tenaga ahli untuk melakukan evaluasi terhadap instrumen yang digunakan dan model yang dihasilkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model kurikulum Ma’had Al-Jamiah berbasis Teoantropoekosentris yang digunakan dinyatakan praktis dan efektif, praktikalitas produk diketahui dari penilaian mahasiswa dan para pakar. Penilaian yang dilakukan oleh para pakar terhadap kurikulum Ma’had Al-Jamiah berbasis Teoantropoekosentris bahwa tingkat kelayakan isi pada pengembangan model kurikulum adalah 87,5% (Sangat Baik), isi materi (84,4 % (Sangat Baik), dan kebahasaan 86,7 % (Sangat Baik). Kemudian menurut mahasiswa model kurikulum Ma’had Al-Jamiah berbasis Teoantropoekosentris ini praktis digunakan karena nilai yang diperoleh dalam bentuk persentase adalah 80,43 %. Nilai 80,43 % tersebut dikategorikan ke dalam interpretasi praktis, artinya menurut mahasiwa model tersebut dapat, mudah, dan efisien untuk digunakan. Berdasarkan hasil temuan penelitian ini, maka model ini direkomendasikan untuk digunakan pada pembelajaran di Ma’had Al-Jamiah Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Hj. Zulhimma, S.Ag., M.Pd dan Prof. Dr. Hj. Asfiati, S.Ag., M.Pd
Keywords: Kurikulum; Teoantropoekosentris; Ma’had Al-Jamiah; Universitas Islam Negeri (UIN) Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 May 2025 04:24
Last Modified: 16 May 2025 04:24
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12070

Actions (login required)

View Item View Item