Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatallil'alamin (P5PPRA) melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Lawas

Siregar, Alfiah Khoiriah (2024) Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatallil'alamin (P5PPRA) melalui Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) pada Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Lawas. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100012.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Projek penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatallil Alamin (P5-PPRA) merupakan sarana memberi kesempatan peserta didik untuk mengalami pengetahuan sebagai proses penguatan karakter sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya. Tujuan penelitian ini adalah: (1) menghasilkan modul ajar projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin (P5-PPRA) dengan metode Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di MTsN 1 Padang Lawas, dan (2) Menghasilkan modul ajar projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin (P5-PPRA) dengan metode Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) di MTsN 1 Padang Lawas yang secara validitas, praktikalitas dan efektifitas. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba penelitian terdiri dari tiga orang ahli untuk menguji kelayakan, dan lima orang guru PAI untuk menguji keterpakaian modul. Penelitian dilakukan dengan uji coba produk penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) modul ajar projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin (P5-PPRA) dengan metode Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) yang disusun layak untuk digunakan serta dapat diimplementasikan oleh guru (2) tingkat kevaliditasan, kepraktisaan dan keefektifitasan modul ajar projek penguatan profil pelajar Pancasila dan profil pelajar rahmatan lil ‘alamin (P5-PPRA) dengan metode Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM) ini dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag dan Dr. Hamdan Hasibuan, M.Pd
Keywords: Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatallil'alamin (P5PPRA); Gerakan Sekolah Menyenangkan (GSM); Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Lawas
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 May 2025 03:52
Last Modified: 16 May 2025 03:52
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12064

Actions (login required)

View Item View Item