Fani, Kartila Adha (2024) Penerapan model pembelajaran kooperatif make a match dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA materi perubahan wujud benda di kelas IV SD Negeri 10 Air Merah Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500044.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan menjadi salah satu pilar utama dalam pembentukan kepribadian setiap manusia sepanjang hidupnya sehingga menjadi kebutuhan pokok yang akan mendukung proses perkembangannya. Penggunaan model dalam pembelajaran biasanya berpengaruh terhadap hasil belajar yang di peroleh siswa. Namun yang menjadi permasalahan adalah pencapaian hasil belajar siswa belum sesuai dengan kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang ditetapkan yaitu 70. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana mengetahui hasil belajar siswa dan proses pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam di kelas IV SD Negeri 10 Air Merah Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Sedangkan tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar siswa dan proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan alam materi perubahan wujud benda di kelas IV Negeri Air Merah Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhan Batu Selatan Penelitian ini di laksanakan di SD Negeri 10 Air Merah Kecamatan Kampung Rakyat. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan instrumen tes dan wawancara. Hasil tes kemampuan awal peserta didik (pra siklus) nilai rata-rata keseluruhan tes sebesar 57.83 dimana dari 23 siswa yang di tes terdapat sebanyak 16 siswa tidak tuntas dan sebanyak 6 siswa tuntas. Adapun persentase siswa yang tuntas pada pra siklus adalah sebesar 30% sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 70%. Persentase ketuntasan hasil belajar peserta didik terjadi dari siklus I sampai siklus II. Siswa yang tuntas pada pertemuan ke I siklus I yaitu sebanyak 9 siswa atau dengan persentase sebesar 39%, meningkat pada pertemuan ke II dengan siswa tuntas sebanyak 10 atau dengan persentase sebesar 43% yaitu terjadi peningkatan sebesar 4%. Kemudian pada siklus ke II pertemuan pertama siswa yang tuntas sebanyak 15 siswa atau dengan persentase sebesar 65% meningkat pada pertemuan kedua dimana jumlah siswa tuntas sebanyak 19 orang dengan persentase sebesar 83%. Pencapaian ini menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran Make a Match hasil belajar kognitif siswa dapat ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti,S.Si.,M.Pd dan Asriana Harahap, M.P |
Keywords: | Model pembelajaran; Kooperatif make a match; Hasil belajar; Pelajaran IPA; Perubahan wujud benda; SD Negeri 10 Air Merah; Kecamatan Kampung Rakyat; Kabupaten Labuhan Batu Selatan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 09 May 2025 23:54 |
Last Modified: | 09 May 2025 23:54 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |