Riski, Nesia (2024) Pengembangan media pembelajaran sejarah kebudayaan Islam model TTS (Teka-Teki Silang) untuk peningkatan motivasi belajar Siswa Kelas VII Mts N 1 Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2250100011.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam model TTS (teka-teki silang) untuk peningkatan motivasi belajar kelas VII-9 MTsN 1 Padangsidimpuan, dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalutation). Tahap analisis dilakukan untuk memahami kebutuhan guru dan siswa. Tahap desain melibatkan pengembangan media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam model teka-teki silang untuk peningkatan motivasi belajar siswa. selanjutnya, tahap pengembangan melibatkan penyusunan, pengujian, dan penyempurnaan media pembelajaran. Implementasi dilakukan melalui uji coba instrument pada kelas VII-9 MTsN 1 Padangsdimpuan terhadap validasi media pembelajaran berdasarkan tanggapan dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kevalidan instrument media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam model TTS (teka-teki silang) untuk peningkatan motivasi belajar kelas VII-9 MTsN 1 Padangsidimpuan memperoleh hasil dengan kriteria sangat valid, penilaian kualitas menunjukkan bahwa instrument media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam model TTS (teka-teki silang) memiliki validitas yang sangat valid. Kualitas kevalidan media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam model TTS (teka-teki silang) untuk peningkatan motivasi belajar kelas VII-9 MTsN 1 Padangsidimpuan dan didapatkan hasil ahli media 95 % dengan kategori sangat valid, dan ahli materi 93% dengan kategori sangat valid dan ahli Bahasa 90% dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam model TTS (teka-teki silang) untuk peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan instrument angket kepada guru dan siswa dikategorikan sangat valid.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erawadi, M.Ag dan Dr. Magdalena, M.Ag |
Keywords: | Media Pembelajaran; Sejarah kebudayaan Islam; Teka-Teki Silang; Motivasi belajar; Siswa Kelas VII; Mts N 1 Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 May 2025 03:46 |
Last Modified: | 16 May 2025 03:46 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12062 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |