Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media pembelajaran sejarah kebudayaan Islam model TTS (Teka-Teki Silang) untuk peningkatan motivasi belajar Siswa Kelas VII Mts N 1 Padangsidimpuan

Riski, Nesia (2024) Pengembangan media pembelajaran sejarah kebudayaan Islam model TTS (Teka-Teki Silang) untuk peningkatan motivasi belajar Siswa Kelas VII Mts N 1 Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100011.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam model TTS (teka-teki silang) untuk peningkatan motivasi belajar kelas VII-9 MTsN 1 Padangsidimpuan, dengan menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evalutation). Tahap analisis dilakukan untuk memahami kebutuhan guru dan siswa. Tahap desain melibatkan pengembangan media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam model teka-teki silang untuk peningkatan motivasi belajar siswa. selanjutnya, tahap pengembangan melibatkan penyusunan, pengujian, dan penyempurnaan media pembelajaran. Implementasi dilakukan melalui uji coba instrument pada kelas VII-9 MTsN 1 Padangsdimpuan terhadap validasi media pembelajaran berdasarkan tanggapan dari guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas kevalidan instrument media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam model TTS (teka-teki silang) untuk peningkatan motivasi belajar kelas VII-9 MTsN 1 Padangsidimpuan memperoleh hasil dengan kriteria sangat valid, penilaian kualitas menunjukkan bahwa instrument media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam model TTS (teka-teki silang) memiliki validitas yang sangat valid. Kualitas kevalidan media pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam model TTS (teka-teki silang) untuk peningkatan motivasi belajar kelas VII-9 MTsN 1 Padangsidimpuan dan didapatkan hasil ahli media 95 % dengan kategori sangat valid, dan ahli materi 93% dengan kategori sangat valid dan ahli Bahasa 90% dengan kategori sangat valid. Hasil penelitian dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam model TTS (teka-teki silang) untuk peningkatan motivasi belajar dengan menggunakan instrument angket kepada guru dan siswa dikategorikan sangat valid.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag dan Dr. Magdalena, M.Ag
Keywords: Media Pembelajaran; Sejarah kebudayaan Islam; Teka-Teki Silang; Motivasi belajar; Siswa Kelas VII; Mts N 1 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040307 Islamic History
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 May 2025 03:46
Last Modified: 16 May 2025 03:46
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12062

Actions (login required)

View Item View Item