Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penggunaan media pembelajaran pop up book pada pembelajaran IPA materi panca indra untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 200211 Padangsidimpuan

Afna, Nur (2024) Penggunaan media pembelajaran pop up book pada pembelajaran IPA materi panca indra untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 200211 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syahada Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500013 - Copy - Nur Afna.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA. Faktor-faktor penyebab siswa kurang memahami mata pelajaran IPA karena cara mengajar guru yang selalu memfokuskan siswa tentang materi dan kurangnya penggunaan media pembelajaran. Guru yang masih berfokus pada buku pembelajaran membuat siswa merasa bosan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang menyebabkan rendahnya kemampuan siswa dalam pembelajaran IPA yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran, lemahnya pemahaman siswa terhadap penguasaan materi yang disajikan, guru masih menggunaan metode ceramah dalam pembelajaran. Hal ini membuat siswa bosan, sehingga pembelajaran tidak melibatkan siswa dan pada akhirnya tidak efektif, pemahaman yang buruk terhadap konsep yang diajarkan. Masalah ini jelas bukan pembelajaran yang ideal, untuk tujuan pembelajaran diketahui dan dipahami, bukan dengan hati. Tentang pemahaman siswa lemah karena siswa tidak dilibatkan dalam proses tersebut sedang belajar siswa dianggap benda mati. Dengan menggunakan media Pop Up Book ini siswa semakin tertaik akan gambar yang terdapat pada media dan mampu membantu siswa lebih mudah memahami pembelajaran dan tidak mudah merasa bosan. Tujuan dari penelitian ini, yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media Pop Up Book dalam pembelajaran IPA pada materi panca indra di kelas IV SD Negeri 200211 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Secara etimologis PTK terdiri dari 3 kata, yaitu Penelitian, Tindakan, dan Kelas. Berdasarkan hasil belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama memperoleh hasil 46%, pertemuan kedua memperoleh hasil 57%. Kemudian dilanjutkan pada siklus II pertemuan pertama memperoleh hasil 71%, pertemuan kedua mengalami peningkatan dengan memperoleh hasil 89%. Maka disimpulkan bahwa dengan menggunakan media Pop Up Book ini dapat meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Negeri 200211 Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M. Si dan Misahradarsi Dongoran, M.Pd
Keywords: Media pembelajaran pop up book; Materi panca indra; Hasil belajar siswa; SD Negeri 200211 Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 08 May 2025 06:36
Last Modified: 08 May 2025 06:36
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12058

Actions (login required)

View Item View Item