Pane, Anna Hasanah (2024) Pengaruh media pembelajaran infografis terhadap minat membaca siswa pada mata pelajaran bahasa indonesia di kelas III Sekolah Dasar Negeri 200506 Manunggang Jae Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syahada Padangsidimpuan.
![]() |
Text
Anna Hasanah Pane pdf - anna hasanah.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah kurangnya penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Pembelajaran bahasa Indonesia perlu di dukung dengan penggunaan media pembelajaran yang tepat pada pembelajaran bahasa Indonesia, mudah di pahami sehingga dapat meningkatkan minat membaca siswa. Faktor rendahnya kemampuan membaca permulaan disebabkan oleh sarana yang digunakan dalam proses pembelajaran. Penggunaan media pembelajaran dapat mempermudah guru dalam menyampaikan materi pembelajaran yang berdampak positif dan meningkatkan minat siswa, salah satunya dengan menggunakan media infografis. Rumusan masalah penelitian ini “apakah terdapat pengaruh signifikan media pembelajaran infografis terhadap minat membaca siswa?”. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran infografis terhadap minat membaca siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia di kelas III SDN 200506 Manunggang Jae Kota Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis yaitu eksprimen, metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimental design, jenis penelitian yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Pengambilan sampel ini menggunakan teknik purposive sampling, penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksprimen. Bedasarkan hasil penelitian yang dilakukan bahwa, adanya pengaruh media pembelajaran infografis terhadap minat membaca siswa kelas III di SDN 200506 Manunggang Jae Kota Padangsidimpuan, hal ini dapat dilihat dari perubahan minat membaca siswa pada pre test ke posttest. Dari hasil penelitian minat membaca siswa mengalami pengaruh berdasarkan hasil uji dengan menggunakan angket di kelas eksprimen mengalami pengaruh dengan rata-rata nilai kelas yaitu 66.50 menjadi 77.60 dan untuk kelas kontrol rata-rata nilai kelas 68.60 menjadi 71.60. Sehingga dalam penelitian ini minat membaca siswa mengalami pengaruh. Sesuai dengan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ditolak dan diterima pada taraf signifikansi 5% artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media pembelajaran infografis.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Nursyaidah, M.Pd. dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd |
Keywords: | Media pembelajaran infografis; Mata pelajaran Bahasa; Sekolah Dasar Negeri 200506 Manunggang Jae. |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200104 Media Studies 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2005 Literary Studies > 200516 Indonesian Literature |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 08 May 2025 06:19 |
Last Modified: | 08 May 2025 06:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12056 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |