Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis autoplay untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada materi tata cara shalat Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Padangsidimpuan

Harahap, Hamka (2024) Pengembangan media pembelajaran pendidikan agama Islam berbasis autoplay untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran pada materi tata cara shalat Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250100003.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi Siswa yang aktif dalam proses pembelajaran akan menciptakan suasana kelas menjadi lebih hidup dan kondusif, dimana masing-masing siswa dapat melibatkan kemampuannya semaksimal mungkin. Belajar yang bermakna terjadi bila siswa atau anak didik berperan secara aktif dalam proses belajar dan akhirnya mampu memutuskan apa yang akan dipelajari dan cara mempelajarinya, dari aktivitas yang timbul dari siswa, maka akan terbentuk pengetahuan dan keterampilan yang pada akhirnya akan meningkatkan hasil belajar siswa itu sendiri. Tercapainya tujuan pembelajaran tidak lepas dari peran seorang guru memegang peranan penting terhadap proses belajar siswa melalui pembelajaran yang dikelolanya agar terciptanya kondisi yang efektif. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah model Rasearch and Development (R&D) Borg & Gall. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Kota Padangsidimpuan dengan subjek uji coba produk dikelas IIV-7 yang berjumlah 28 peserta didik Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis validitas, praktikalitas dan efektifitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan menumukan bahwa: (1) Dalam proses penggunaan media pembelajaran peneliti menganalisis kebutuhan diperoleh secara langsung oleh peneliti dengan cara melakukan observasi dan wawancara ke instansi terkait, peneliti bertemu dengan salah satu guru pendidikan agama islam di SMP Negeri 2 Kota Padangsidimpuan (2) Kualitas media yang dikembangkan ahli media 96% dan ahli materi 91%. Dan ahli Bahasa 92%, sedangkan praktikalitasnya menggunakan respon angket siswa dan wawancara dengan beberapa peserta didik, dan efektipnya dilihat dari mampu mengidentifikasi sholat, mampu menerapkan gerakan sholat, mampu melafalkan bacaan sholat, cepat memahami gerakan dan bacaan sholat dan menyesuaikan gerakan sholat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Dr. Lelya Hilda, M.Si
Keywords: Media pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Autoplay; Tata cara shalat; Kelas VII SMP Negeri 2 Kota Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 16 May 2025 03:39
Last Modified: 16 May 2025 03:39
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12052

Actions (login required)

View Item View Item