Harahap, Ali Isro’ (2024) Pengaruh akses keuangan dan digital marketing terhadap pertumbuhan UMKM di Padang Lawas dengan literasi keuangan sebagai variabel moderating. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2050200020.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (1MB) |
Abstract
Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) merupakan kegiatan usaha yang mampu memperluas lapangan pekerjaan, berperan dalam proses pemerataan dan peningkatan pendapatan masyarakat serta mendorong pertumbuhan ekonomi. Peran penting tersebut telah mendorong pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan UMKM. Namun dibeberapa daerah pertumbuhan UMKM masih sangat rendah seperti halnya yang terjadi di Kabupaten Padang Lawas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh akses keuangan dan digital marketing terhadap pertumbuhan UMKM di Kabupaten Padang Lawas dengan literasi keuangan sebagai variabel moderating. Metode penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelaku UMKM yang menggunakan akses keuangan dan digital marketing di Kabupaten Padang Lawas dengan teknik pengambilan sampel stratified random sampling dan diperoleh sampel 97 responden. Analisis yang digunakan yaitu Analisis Regresi moderasi (MRA) dengan menggunakan software SmartPLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Terdapat pengaruh signifikan antara variabel akses keuangan terhadap pertumbuhan UMKM di Kabupaten Padang Lawas, (2) Tidak terdapat pengaruh signifikan antara variabel digital marketing terhadap pertumbuhan UMKM di Kabupaten Padang Lawas, (3) Literasi keuangan dapat memoderasi akses keuangan terhadap pertumbuhan UMKM di Kabupaten Padang Lawas, (4) Literasi keuangan tidak dapat memoderasi digital marketing terhadap pertumbuhan UMKM di Kabupaten Padang Lawas.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Prof. Dr. Darwis Harahap, S.H.I., M.Si dan Dr. Utari Evy Cahyani, S.P., M.M |
Keywords: | Akses keuangan; Digital marketing; Pertumbuhan UMKM; Padang Lawas; Literasi keuangan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment > 150201 Finance 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150314 Small Business Management 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 16 May 2025 03:27 |
Last Modified: | 16 May 2025 03:27 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12045 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |