Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pembelajaran keagamaan dengan kitab klasik dalam pelestarian budaya pesantren di Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Tolib, Muhammad (2024) Pembelajaran keagamaan dengan kitab klasik dalam pelestarian budaya pesantren di Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2050100014.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Konteks penelitian ini ialah adanya sebuah fenomena dimana dunia sudah masuk pada era digital, yang menjadi pengaruh terbesar bagi keberlangsungan hidup peserta didik. Semua informasi bisa diakses dengan mudah termasuk materi pelajaran, namun sekolah berupaya agar para peserta didik tidak menyimpang akhlaknya, maka diberikannya pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning untuk melestarikan budaya pesantren. Penelitian ini difokuskan pada pertanyaan: (1) Bagaimana Tahap-tahap pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning dalam pelestarian budaya pesantren Di Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan?. (2) Bagaimana strategi pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning dalam pelestarian budaya pesantren Di Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan. (3) Bagaimana implikasi pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning dalam pelestarian budaya pesantren di Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Silangkitang Kabupaten Labuhanbatu Selatan?. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif, dan jenis penelitiannya multisitus, dengan teknik pengumpulan data yaitu: Wawancara mendalam, Observasi partisipan dan dokumentasi. Dan hasil penelitin ini adalah 1) Pada tahap pendahuluan pembelajaran kitab kuning ini diawali dengan lalaran nadhom atau bisa disebut dengan bersyair isi daripada kitab kuning tersebut. Selanjutnya masuk pada tahap inti pembelajaran dimana ustadz atau guru menyampaikan materi sesuai dengan yang tertera didalam RPP beserta dengan metode pembelajaran yang disesuaikan dengan tema pembelajaran. Terakhir penutup, guru memberikan kuis tanya jawab untuk menambah daya ingat peserta didik lalu dengan disertai pemberian pekerjaan rumah. 2) Strategi pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning sebagai pelestarian budaya pesantren dengan pengklasifikasian dan pemilihan jenis kitab yang disesuaikan dengan jenjang kelasnya. Lalu kualifikasi guru teruji dengan beberapa kepemilikan sertifikat dan juga kemahiran dalam pembelajaran keagmaan dengan kitab kuning. Strategi yang digunakan guru dalam menyampaikan pembelajaran dengan metode sorogan, bandongan dan juga wetonan. Setiap habis bab atau tema, guru akan memberikan uji kompetensi pada peserta didik, lalu apabila ada peserta didik yang tidak memenuhi target nilai akan diberikan remedial dilamin waktu. Pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning ini difokuskan pada penanaman akhlak peseta didik. 3) Implikasi pembelajaran keagamaan dengan kitab kuning sebagai pelestarian budaya pesantren. Lembaga berhasil mempengaruhi peserta didik untuk berbuat sopan dan menjaga akhlak, selain itu sekolah juga sudah berhasil mengajarkan tata cara beribadah yang baik dan benar. Setelah akhlak dan ibadah sudah diterapkan dengan baik oleh peserta didik di era milenial ini budaya pesantren tetap terlestarikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Erawadi, M.Ag dan Prof. Dr. H. Sumper Mulia Harahap, M.A
Keywords: Pembelajaran kitab kuning; Budaya pesantren; Pondok Pesantren Uswatun Hasanah Silangkitang; Kabupaten Labuhanbatu Selatan
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130109 Pesantren (Islamic boarding school)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 02 May 2025 04:03
Last Modified: 02 May 2025 04:03
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12025

Actions (login required)

View Item View Item