Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit Kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang

Harahap, Shintia Putri (2024) Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit Kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020700007.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Hasil belajar siswa SMA dalam bidang kimia masih tergolong rendah, salah satunya disebabkan oleh dominasi guru dalam proses pembelajaran yang kurang inovatif membuat siswa menjadi pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian dilaksanakan di SMA N 1 Batang Onang dengan sampel penelitian sebanyak dua kelas: kelas X MIA-2(kelas kontrol) dengan 16 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan, serta kelas X MIA-3 (kelas eksperimen) dengan 14 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Metode penelitian ini adalah eksperimen dengan desain non-randomized group pre-test post-test. Instrumen yang digunakan berupa tes esai sebanyak 5 soal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kesimpulannya, model pembelajaran inkuiri terbimbing efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran kimia. Hasil uji hipotesis menggunakan Uji T (Independent Sample t Test). Hal ini dibuktikan berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan tes rata-rata yang diambil dari nilai pretest dan posttest bahwa hasil uji independent sample t test posttest dengan nilai taraf signifikan (α = 0,05) diperoleh nilai signifikan (2-tailed) sebesar 0,008. Nilai signifikan (2-tailed) yang diperoleh lebih kecil dari 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhada hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M. Pd dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M. Pd
Keywords: Inkuiri terbimbing; Hasil belajar; Larutan elektrolit; SMA Negeri 1 Batang Onang
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry > 030102 Electroanalytical Chemistry
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
03 CHEMICAL SCIENCES > 0301 Analytical Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 02 May 2025 02:32
Last Modified: 02 May 2025 02:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12012

Actions (login required)

View Item View Item