Annisa, Raihan (2024) Pengaruh harga, variasi produk, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Toko MR. DIY Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040200031.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Persaingan di antara perusahaan ritel dan barang konsumsi saat ini sangat ketat karena era globalisasi telah mendorong peningkatan pesat dalam persaingan bisnis. Perusahaan yang ingin tumbuh dan mengungguli dalam persaingan harus menawarkan harga yang kompetitif, beragam varian produk, dan layanan berkualitas tinggi. Kepuasan pelanggan merupakan salah satu faktor utama yang menentukan keberhasilan jangka panjang sebuah bisnis. Toko MR.DIY Padangsidimpuan merupakan bagian dari perusahaan ritel yang menawarkan beragam macam produk untuk memenuhi ekspektasi pelanggan guna mempertahankan daya saing pasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga, variasi produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan. Harga merupakan faktor yang sering menjadi pertimbangan utama bagi pelanggan dalam membuat keputusan pembelian. selain itu, variasi produk juga menciptakan pengalaman berbelanja yang akan meningkatkan kepuasan pelanggan. Kualitas pelayanan yang baik juga dianggap sebagai salah satu elemen yang mempengaruhi kepuasan pelanggan. Analisis ini menggunakan variabel independen harga, variasi produk dan kualitas pelayanan dan variabel dependennya adalah kepuasan pelanggan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 97 responden dan analisis dilakukan menggunakan SPSS versi 23. Pengolahan data menggunakan SPSS 23 menunjukkan Harga berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan, Variasi Produk berpengaruh terhadap Kepuasan Pelanggan dan Kualitas Pelayanan tidak berpengaruh terhadap Kepuasan pelanggan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Rukiah, SE., M.Si dan Indah Permatasari Siregar, M.Si |
Keywords: | Harga; Variasi produk; Kualitas pelayanan; Kepuasan pelanggan; MR.DIY Padangsidimpuan |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150504 Marketing Measurement 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mr. Rita Fitri Tinambunan |
Date Deposited: | 02 May 2025 02:34 |
Last Modified: | 02 May 2025 02:34 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12008 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |