Syfany, Aflah Olfa (2025) Upaya meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran Role Playing di Kelas IV SD. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500220.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan rendahnya hasil belajar matematika siswa, karena proses pembelajaran yang dilaksanakan belum optimal dan kurangnya penggunaan model pembelajaran oleh pendidik. Termasuk mengenai materi operasi hitung bilangan yang menggunakan model pembelajaran yang masih berpusat pada guru. Rendahnya hasil belajar matematika siswa menjadi perhatian serius. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model pembelajaran role playing (bermain peran) dalam proses pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian untuk mengetahui penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada siswa kelas IV SDN 100603 Sidadi II. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) pada tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi di SDN 100603 Sidadi II, subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi dan wawancara. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model pembelajan role playing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya nilai persentase ketuntasan hasil belajar siswa, yaitu pada prasiklus persentase ketuntasan sebesar 33,33% (9 dari 27 siswa). Pada siklus I pertemuan I menjadi ketuntasan sebesar 55,55% (15 dari 27 siswa). Pada siklus I pertemuan II meningkatkan signifikan dengan ketuntasan siswa 74,07% (20 dari 27 siswa). Pada siklus II pertemuan I persentase ketuntasan sudah mencapai 92,59 % Dapat disimpulkan bahwa, penerapan model pembelajaran role playing dapat meningkatkan hasil belajar Matematika di SDN 100603 Sidadi II. Untuk penelitian selanjutnya peneliti berharap agar melakukan tinjauan pustaka yang lebih mendalam dan proses pembelajaran lebih di tingkatkan agar tercapainya tujuan pembelajaran, serta waktunya diperpanjang dalam penerapan model pembelajaran role playing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lis Yulianti Syafrida Siregar, S.Psi, M.A dan Diyah Hoiriyah, M.Pd |
Keywords: | Hasil belajar; Matematika; Siswa; Model pembelajaran; Role playing; Kelas IV SD |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 02 May 2025 09:42 |
Last Modified: | 02 May 2025 09:42 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/12006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |