Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SD Negeri 101430 Pamuntaran Kecamatan Padang Bolak Julu

Nababan, Putri Adelina (2025) Implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SD Negeri 101430 Pamuntaran Kecamatan Padang Bolak Julu. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100214.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perkembangan pendidikan di Indonesia melalui kebijakan implementasi kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka dicetuskan dan ditetapkan sebagai kurikulum baru adalah tidak lain untuk memajukan sistem pendidikan di Indonesia. Penerapan kurikulum merdeka di setiap jenjang pendidikan bertujuan untuk memajukan dan memudahkan seluruh warga sekolah, termasuk kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Namun implementasi kurikulum merdeka pada setiap jenjangnya mengalami banyak cacat dalam penerapannya. Maka penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 101430 Pamuntaran Kecamatan Padang Bolak Julu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SD N 101430 Pamuntaran apa saja faktor pendukung implementasi kurikulum merdeka di SD N 101430 Pamuntaran, dan apa saja faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka di SD N 101430 Pamuntaran Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan instrumen observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mengumpulkan data. Data dianalisis melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum merdeka pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di Sekolah Dasar Negeri 101430 Pamuntaran Kecamatan Padang Bolak Julu menunjukkan adanya ketidak sesuaian pada tahapan implementasi kurikulum merdeka. ketidak sesuaian tersebut terletak pada hasil wawancara dengan beberapa guru mengenai tahapan kurikulum merdeka. Dapat dilihat dari hasil wawancara pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Hasil wawancara pada tahap perencanaan menunjukkan bahwa masih ada beberapa guru yang melakukan tahapan perencanaan belum sesuai dengan kaidah perencanaan pembelajaran dalam kurikulum merdeka. Beberapa guru menyusun perencanaan pembelajaran adalah tidak lain hanya sekedar administrasi saja, bahkan tidak memperhatikan capaian pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran masih ada beberapa guru menggunakan metode kurikulum yang lama. Hasil wawancara dari tahap penilaian menunjukkan para guru sudah memahami dan menerapkan penilaian sesuai dengan kaidah penilaian kurikulum merdeka yaitu asesmen diagnostik, asesmen formatif, dan asesmen sumatif. Faktor pendukung implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 101430 Pamuntaran Kecamatan Padang Bolak Julu menunjukkan adanya dukungan kebijakan dari pemerintah dengan mengadakan sosialisasi untuk menambah penguasaan guru terhadap kurikulum merdeka. Kemudian faktor pendukung lainnya menunjukkan adanya kesiapan guru, guru yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan sikap yang sesuai dengan kurikulum merdeka akan lebih mampu mengimplementasikan kurikulum tersebut, dan beberapa pelatihan yang telah di ikuti untuk menambah wawasan mengenai kurikulum merdeka. Faktor penghambat implementasi kurikulum merdeka di SD Negeri 101430 Pamuntaran diantaranya sarana dan prasarana yang belum memadai, kurangnya dukungan dari kepala sekolah, kurangnya pemahaman guru terhadap implementasi kurikulum merdeka, serta buku pelajaran yang masih terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd dan Nursyaidah, M.Pd
Keywords: Implementasi; Kurikulum merdeka; Pendidikan agama islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 29 Apr 2025 08:10
Last Modified: 29 Apr 2025 08:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11999

Actions (login required)

View Item View Item