Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas V Sdn 101503 Huta Tonga Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan

Batubara, Nuranisa (2025) Strategi guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan minat belajar siswa Kelas V Sdn 101503 Huta Tonga Kecamatan Angkola Muara Tais Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020100141.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Strategi guru pendidikan agama Islam bertujuan untuk menciptakan pribadi muslim yang bertakwa dan berakhlak mulia serta meningkatkan keimanan kepada allah swt. Minat merupakan faktor penentu keberhasilan siswa dalam belajar, Minat merupakan suatu keadaan dimana seseorang mempunyai perhatian terhadap suatu objek yang sesuai dengan keinginan untuk mengetahui dan mempelajari serta membuktikan lebih lanjut tentang objek tertentu dengan adanya kecenderungan untuk berhubungan lebih aktif terhadap objek terebut. Salah satu strategi yang dilakukan guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa ialah dengan menggunakan metode metode menghapal, ceramah, diskusi dan menggunakan gambar. Dengan demikian anak didik akan termotivasi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Dalam proses pembelajaran ini sangat dipengaruhi oleh aliran belajar kognitif. Data yang disajikan ini berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SDN 101503 Huta Tonga. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data tentang pengelolaan aspek Strategi guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa kelas V di SDN 101503 Huta Tonga. Dalam memperoleh data hasil penelitian ini, penulis menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi, yaitu mengamati langsung kepada objek penelitian untuk memperoleh data. Wawancara dilakukan langsung dengan responden yaitu Kepala sekolah, guru PAI dan siswa. Dokumentasi, yaitu dengan mencari informasi mengenai profil sekolah. Berdasarkan hasil temuan yang peneliti lakukan di SDN 101503 Huta Tonga bahwasanya terdapat strategi yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini tersebut dibuktikan dengan adanya hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi yang peneliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Ali Asrun Lubis, S.Ag, M.Pd. dan Anita Angraini Lubis, M.Hum.
Keywords: Strategi; Minat dan Pendidikan Agama Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 29 Apr 2025 07:32
Last Modified: 29 Apr 2025 07:32
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11998

Actions (login required)

View Item View Item