Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi stoikiometri Kelas X IPA di SMA N 1 Sipirok

Hajijah, Aida (2024) Pengaruh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis Socio-Scientific Issues (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi stoikiometri Kelas X IPA di SMA N 1 Sipirok. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020700002.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kritis siswa SMA dalam bidang kimia masih tergolong rendah, salah satunya disebabkan oleh dominasi guru dalam proses pembelajaran yang membuat siswa menjadi pasif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) berbasis socio-scientific issues (SSI) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi stoikiometri. Penelitian dilaksanakan di SMAN 1 Sipirok dengan sampel penelitian sebanyak dua kelas: kelas X MIA-1 (kelas kontrol) dengan 17 siswa laki-laki dan 18 siswa perempuan, serta kelas X MIA-2 (kelas eksperimen) dengan 15 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Penelitian ini menggunakan quasi-eksperimen dengan desain non-randomized group pre-test post-test. Instrumen yang digunakan berupa tes essay sebanyak 10 soal yang mewakili 12 indikator berpikir kritis menurut Robert H. Ennis. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis siswa setelah penerapan model PBL berbasis SSI. Penerapan metode PBL efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji T (Independent Sample t-Test) memperoleh nilai sig (2-tailed)<α yaitu 0,027<0,05 sehingga H1 diterima dan H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbasis socio-scientific issues terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi stoikiometri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Nur Azizah Putri Hasibuan, M.Pd
Keywords: Problem based learning; Socio-scientific issues; Stoikiometri; SMA N 1 Sipirok
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
03 CHEMICAL SCIENCES > 0399 Other Chemical Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Kimia
Depositing User: Mrs. Elysa Fitri Pakpahan
Date Deposited: 02 May 2025 09:37
Last Modified: 02 May 2025 09:37
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11997

Actions (login required)

View Item View Item