Butar, Elma Syahdani Butar (2024) Penerapan model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas IV SD Negeri 200302 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
ELMA SYAHDANI BUTAR BUTAR PDF - elma syahdani.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca siswa yang rendah pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 200302 Padangsidimpuan. Hal ini model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Indonesia masih berfokus pada guru saja sehingga membuat siswa pasif pada saat pembelajaran. Sehingga perlu digunakan model pembelajaran yang baru yaitu model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC). Model pembelajaran CIRC belum pernah diterapkan dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SD Negeri 200302 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca siswa terhadap penggunaan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) di kelas IV SD Negeri 200302 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan model siklus yang dilakukan secara berulang. Subjek penelitian ini adalah siswa di kelas IV SD Negeri 200302 Padangsidimpuan yang berjumlah 23 siswa dan objeknya adalah mata pelajaran Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tes awal persentase tingkat kemampuan membaca siswa yaitu Terampil= 17,39% (4 dari 23 siswa), kurang terampil= 82,60% (19 orang dari 23 siswa. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus I pertemuan I yaitu Terampil= 30,43% (7 dari 23 siswa), tidak terampil= 69,56% (16 dari 23 siswa). Siklus I pertemuan II yaitu Terampil= 39,13% (9 dari 23 siswa), Kurang Terampil= 60,86% (14 siswa dari 23 siswa). Siklus II pertemuan I nilai kemampuan membaca siswa yaitu Sangat Terampil = 13,04% (3 dari 23 siswa), Terampil = 47,83% (11 dari 23 siswa), Kurang Terampil= 39,13% (9 dari 23 siswa). Siklus II pertemuan II nilai kemampuan membaca siswa yaitu Sangat Terampil=34,78% (8 dari 23 siswa) Terampil =52,17% (12 dari 23 siswa), dan Kurang Terampil=13,04% (3 dari 23 siswa). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa di kelas IV SD Negeri 200302 Padangsidimpuan. Untuk itu disarankan pada guru untuk menggunakan model pembelajaran ini untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. H. Akhiril Pane, S.Ag., M.Pd. dan Ade Suhendra, M.Pd.I. |
Keywords: | Model Pembelajaran; Cooperative Integrated Reading; Composition; Membaca; Siswa; SD Negeri 200302; Padangsidimpuan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 02 May 2025 09:30 |
Last Modified: | 02 May 2025 09:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11991 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |