Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA dengan materi energi panas di Kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Padangsidimpuan

Harahap, Riski Hasanah (2024) Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning pada mata pelajaran IPA dengan materi energi panas di Kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
SkripsiRiskiHarahap - Riski Hasanah Harahap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar IPA siswa pada materi energi panas. Rumusan masalah dalam penelitian ini bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran discovery learning dan bagaimana proses pembelajaran IPA dengan menerapkan model discovery learning pada materi energi panas di kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Padangsidimpuan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah peningkatan hasil belajar siswa melalui penggunaan model discovery learning dan untuk mengetahui proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model discovery learning pada materi energi panas di kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Padangsidimpuan .Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dengan menggunakan dua siklus. Instrument yang digunakan yaitu observasi dan tes dalam bentuk pilihan ganda. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Padangsidimpuan yang terdiri dari 27 orang siswa yang terdiri dari 16 laki-laki dan 11 perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah penggunaan model discovery learning hasil belajar siswa meningkat. Hal ini dilihat dari nilai dan aktivitas siswa dimulai dari pretes dengan persentase ketuntasan siswa sebesar 19% (5 dari 27 orang siswa) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 48,33, Siklus I Pertemuan I persentase ketuntasan siswa 52% (14 dari 27 orang siswa) dengan nilai rata-rata 78,81, Siklus I Pertemuan II persentase ketuntasan siswa 74% (21 dari 27 orang siswa) dengan nilai rata-rata 86,11, dan Siklus II Pertemuan I persentase ketuntasan siswa sebesar 89% (24 dari 27 orang siswa) dengan nilai rata-rata 88,51. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 200508 Sihitang Padangsidimpuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Suparni,S.Si., M.Pd. dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar; Siswa; Model pembelajaran; Discovery learning; IPA; Energi panas; SD Negeri 200508 Sihitang; Padangsidimpuan
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mrs. Mutia Handayani
Date Deposited: 25 Apr 2025 07:07
Last Modified: 25 Apr 2025 07:07
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11985

Actions (login required)

View Item View Item