Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Talkimg Stick Kelas V MIN 1 Tapanuli Utara

Siahaan, Sherina Robe Ulipa (2024) Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA melalui metode Talkimg Stick Kelas V MIN 1 Tapanuli Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500236.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena saat pembelajaran guru masih menggunakan metode yang kurang bervariasi dimana pembelajaran hanya berpusat pada guru saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan metode Talking Stick pada pembelajaran IPA di kelas V MIN 1 Tapanuli Utara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dari permasalahan diatas maka perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas melalui penggunaan metode Talking Stick dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih aktif di dalam kelas dan mendapat hasil belajar yang baik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V MIN 1 Tapanuli Utara yang terdiri dari 16 siswa, 9 laki-laki dan 7 perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil pra siklus sebelum tindakan, dengan nilai rata-rata 58,12 dan ketuntasan belajar sebesar 19%. Kemudian pada siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 65,62 dan ketuntasan belajar sebesar 31%. Siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata 74,37 dan ketuntasan belajar sebesar 56%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I dengan nilai rata-rata 83,12 dan ketuntasan belajar sebesar 88%. Dari siklus II data yang didapat telah mencapai nilai yang diharapkan dengan persentase paling tinggi yaitu 88%, sehingga penelitian ini bisa diberhentikan dengan nilai yang memuaskan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas V MIN 1 Tapanuli Utara.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Mariam Nasution, M.Pd. dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd.
Keywords: Hasil belajar siswa; Pembelajaran IPA; Metode Talkimg Stick; MIN 1 Tapanuli Utara
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 02 May 2025 02:42
Last Modified: 02 May 2025 02:42
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11979

Actions (login required)

View Item View Item