Tanjung, Sakinah (2024) Pengembangan E-LKPD berbasis liveworksheet dengan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi profil pelajar pancasila pada materi barisan dan deret di Kelas X SMA N 4 Padangsidimpuan. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2250500002.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (6MB) |
Abstract
Pengembangan E-LKPD Berbasis Liveworksheet dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila didasarkan pada observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti bahwa di SMA Negeri 4 Padangsidimpuan penggunaan teknologi belum optimal, variasi metode pembelajaran masih terbatas yang berpusat pada guru sehingga pemahaman peserta didik kurang optimal. Serta masih menerapkan LKPD manual yang belum menggunakan pendekatan pembelajaran berdiferensiasi terintegrasi profil pelajar pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi barisan dan deret. E-LKPD yang dikembangkan lebih menarik dan interaktif disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik serta terintegrasi profil pelajar pancasila. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Jenis penelitiannya model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap, yaitu analisis, perencanaan, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Lokasi penelitian dipilih purposive sampling berdasarkan tujuan tertentu di kelas X SMA Negeri 4 Padangsidimpuan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif sebagai data perhitungan angka dan data kualitatif diperoleh dari komentar, saran dari subjek peneliti. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, wawancara, angket, tes dan dokumentasi. Adapun instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, angket pengguna E-LKPD, dan tes. Kevalidan dan kepraktisan diukur menggunakan skala likert dengan interval skala 1-4, dan dihitung menggunakan rumus persentase kemudian jumlah skor tertinggi diinterpretasikan pada tabel kriteria kelayakan dan kepraktisan, dan melihat efektivitas penggunaan E-LKPD dianalisis dengan ují N-Gain. Validasi dilakukan oleh ahli materi, ahli media, ahli bahasa dan ahli asesmen yang masing-masing sudah kompeten dibidangnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-LKPD Berbasis Liveworksheet dengan Pendekatan Pembelajaran Berdiferensiasi Terintegrasi Profil Pelajar Pancasila pada Materi Barisan dan Deret mencapai 92,16% kategori sangat valid, uji praktikalitas 92,31% kategori sangat praktis dilakukan dengan melibatkan guru dan peserta didik. Selanjutnya, uji efektivitas hasil belajar melalui uji N-Gain sebesar 57,13% berada pada kriteria sedang. Pengembangan E-LKPD adalah solusi efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik yang telah disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik dan terintegrasi profil pelajar pancasila serta telah teruji validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Dengan demikian, E-LKPD ini terbukti efektif dalam mendukung proses pembelajaran, serta memberikan manfaat bagi peserta didik, guru, sekolah, dan dunia pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si dan Dr. Zulhammi, M.Ag., M.Pd |
Keywords: | Pengembangan E-LKPD; Liveworksheet; Berdiferensiasi; Profil pelajar pancasila |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:18 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:18 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11975 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |