Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning berbantuan live worksheets pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV)

Halomoan, Adil (2024) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis discovery learning berbantuan live worksheets pada materi sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV). Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2250500021.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memberikan kontribusi besar dalam pendidikan dengan tujuan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berkelanjutan. Penerapan teknologi dalam pembelajaran sangatlah penting untuk mencapai tujuan pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Salah satu yang bisa dimanfaatkan dari teknologi adalah pembuatan latihan kerja peserta didik dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning berbantuan live worksheets pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jenis penelitian yang digunakan adalah research and depelovment model borg and gall terdiri dari penelitian dan pengumpulan data awal, perencanaan, pengembangan format produk awal, uji coba awal, revisi produk, uji coba lapangan, revisi produk, uji lapangan, revisi produk akhir, diseminasi dan implementasi. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, penyebaran angket, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian dengan pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis discovery learning berbantuan live worksheets pada materi sistem persamaan linear dua variabel antara lain: (1) rata-rata persentase kevalidan lembar kerja peserta didik dari segi bahasa, materi dan media adalah 74 % dengan kriteria valid, (2) rata-rata persentase kepraktisan lembar kerja peserta didik berdasarkan respon guru dan peserta didik adalah 86 % dengan kriteria sangat praktis, (3) sedangkan rata-rata nilai hasil belajar dalam uji keefektifan lembar kerja peserta didik berdasarkan tes yang dilakukan adalah 84 dengan persentase ketuntasan 87 % termasuk kategori sangat efektif.

Item Type: Thesis (Masters)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Dr. Suparni, S.Si., M.Pd
Keywords: Lembar kerja peserta didik; Discovery learning; Live worksheets; Sistem Persamaan Linear Dua Variabel
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 24 Apr 2025 08:17
Last Modified: 24 Apr 2025 08:17
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11973

Actions (login required)

View Item View Item