Lisa, Defiana (2024) Pengembangan media pembelajaran monopoli perkalian berbasis ICT (Information Communication and Thechnology) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika. Masters thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2250500029.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Perkembangan ilmu teknologi pada bidang pendidikan berjalan cepat dengan semakin berkembangnya teknologi bukan tidak mungkin jika guru mampu memanfaatkan teknologi tersebut dalam proses pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, praktikalitas dan efektifitas media pembelajaran monopoli pekalian berbasis ICT untuk meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar matematika siswa kelas II MIS Tahfidzul Qur’an Darun Najah Padangsidimpuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (Researh and Development). Desain yang digunakan dalam pengembangan media ini adalah menggunakan desain ADDIE dengan langkah-langakah yaitu analyze, Design, Developmen, Implementation dan Evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media ini menunjukkan kriteria sangat valid dengan skor 91% (sangat valid) dari ahli materi, 96% (sangat valid) dari ahli media dan 89% (sangat valid) dari ahli Bahasa. (2) Pada uji kepraktisan oleh pengguna yaitu guru dan siswa terhadap media menunjukkan skor sebesar 93% untuk guru dan 86% untuk siswa yang termasuk kedalam kriteria sangat praktis. (3) Media ini cukup efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep dengan peningkatan hasil nilai pretest yaitu dengan rata-rata 63,33 dan posttest 89,67. Perbandingan antara sebelum dan sesudah penggunaan media, diperoleh n-gain dengan rata-rata 0,69 (tinggi) dan berada pada kategori cukup efektif. Untuk motivasi belajar matematika siswa didapat nilai rata-rata 32,67 sedangkan setelah menggunakan media pembelajaran didapatkan nilai rata-rata 84,27. Dari hasil sebelum dan sesudah penggunaan media, terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai n-gain 0,75 (tinggi) dan berada pada kategori efektif digunakan untuk meningkatkan motivasi belajar. Dengan demikian media pembelajaran monopoli perkalian berbasis ICT cukup efektif dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Dr. Almira Amir, M.Si |
Keywords: | Media pembelajaran berbasis ICT; Monopoli perkalian; Konsep Matematis; Motivasi belajar |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Pascasarjana > Program Magister > S2 Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 08:17 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 08:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11971 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |