Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Peningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas iv menggunakan media gambar pada mata pelajaran bahasa indonesia di SD Swasta 100620 Muhammadiyah Sorik

Hasibuan, Syndi Klarita Surya (2024) Peningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas iv menggunakan media gambar pada mata pelajaran bahasa indonesia di SD Swasta 100620 Muhammadiyah Sorik. Other thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500132.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya nilai hasil rata-rata kelas menulis puisi Tahun Ajaran 2022/2023 hanya mencapai 67 sedangkan kriteria ketuntasan belajar 75. Hal ini disebabkan kurangnya minat siswa dalam pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia materi menulis puisi, kurang mendukungnya sarana prasarana, serta guru belum menerapkan media pembelajaran dalam proses pembelajaran di kelas IV Sekolah Dasar Swasta 100620 Muhammadiyah Sorik. Oleh karena itu untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi puisi siswa kelas IV Sekolah Dasar Swasta 100620 Muhammadiyah Sorik perlu digunakan media yaitu media gambar. Permasalahan yang dibahas yaitu bagaimana peningkatan hasil dan proses belajar siswa dalam menulis puisi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan menulis puisi siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV Sekolah Dasar Swasta 100620 Muhammadiyah Sorik melalui penerapan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan Siklus II, setiap siklus dua kali pertemuan. Prosedur penelitian tindakan kelas dimulai dari tahap, perencaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Media yang digunakan yaitu media gambar poster. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Swasta 100620 Muhammadiyah Sorik, dengan subjek penelitian kelas IV yang berjumlah 16 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan dari siklus I dan siklus II. Dari hasil tes dapat diketahui bahwa pada siklus I pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 5 orang dengan presentase ketuntasan 31% dan jumlah siswa yang tidak tuntas 11 orang dengan presentase ketuntasan 69%. Siklus I pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 8 orang dengan presentase ketuntasan 50% dan jumlah siswa yang tidak tuntas 8 orang dengan presentase ketuntasan 50%. Pada siklus II pertemuan I jumlah siswa yang tuntas sebanyak 12 orang dengan presentase ketuntasan 75% dan jumlah siswa yang tidak tuntas 4 orang dengan presentase ketuntasan 25%. Siklus II pertemuan II jumlah siswa yang tuntas sebanyak 14 orang dengan presentase ketuntasan 87% dan jumlah siswa yang tidak tuntas 2 orang dengan presentase ketuntasan 13%. Dengan demikian penggunaan media gambar dalam meningkatkan keterampilan meulis puisi siswa dari siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan .

Item Type: Thesis (Other)
Supervisors: Dr. Akhiril Pane, S. Ag., M.Pd dan Dr. Erna Ikawati, M.Pd
Keywords: Keterampilan menulis; Puisi; Media gambar; Pelajaran bahasa indonesia; SD Swasta 100620 Muhammadiyah Sorik
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr. Rita Fitri Tinambunan
Date Deposited: 25 Apr 2025 05:10
Last Modified: 25 Apr 2025 05:10
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11969

Actions (login required)

View Item View Item