Suryani Btr, Lili (2024) Pengembangan media pembelajaran tangga pintar pada mata pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan di Kelas I SDN 261 Banjar Malayu Kecamatan Batang Natal Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500032.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa masih kesulitan memahami materi penjumlahan dan pengurangan, belum sepenuhnya memahami simbol angka serta belum maksimalnya pengembangan media pembelajaran yang digunakan oleh guru khususnya pada pelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan. Media yang digunakan oleh guru sebatas gambar yang ada pada buku pelajaran dan lidi yang dipotong berukuran pendek. Rumusan masalah penelitian ini yaitu Bagaimana kevalidan media pembelajaran tangga pintar pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas I SDN 261 Banjar Malayu, Bagaimana kepraktisan media pembelajaran tangga pintar pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas I SDN 261 Banjar Malayu, Bagaimana keefektifitasan media pembelajaran tangga pintar pada materi penjumlahan dan pengurangan di kelas I SDN 261 Banjar Malayu.Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilaksanakan di SDN 261 Banjar Malayu dengan subjek uji coba produk dikelas I-A berjumlah 15 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, tes serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan sudah divalidasi oleh validator dari 3 ahli yaitu ahli materi sebesar 97,5% (sangat valid), ahli media sebesar 82% (sangat valid), dan ahli bahasa sebesar 95% (sangat valid). Kemudian hasil angket respon siswa terhadap media pembelajaran tangga pintar yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis melalui lembar angket respon siswa secara keseluruhan sebesar 95%. Kemudian hasil angket respon guru terhadap media pembelajaran tangga pintar yang dikembangkan dinyatakan sangat praktis melalui lembar angket respon guru secara keseluruhan sebesar 92%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Almira Amir, M.Si. dan Asriana Harahap, M.Pd. |
Keywords: | Media pembelajaran; Tangga pintar; Matematika; Penjumlahan dan pengurangan;SDN 261 Banjar Malayu; Kecamatan Batang Natal; Kabupaten Mandailing Natal |
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr. Ahmad Kamal Siregar |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 05:17 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 05:17 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11964 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |