Dalimunthe, Dwi Anindy (2024) Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa di Kelas VII SMP Negeri 3 Bilah Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020200004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan berpikir kreatif siswa yang masih rendah. Masih banyak siswa yang kurang berminat dalam pembelajaran matematika, dikarenakan matematika merupakan ilmu yang sulit, membosankan bahkan menakutkan. Maka dari itu, guru harus bisa menciptakan pembelajaran yang aktif dan tidak membosankan bagi siswa. Hal ini dapat dilakukan dengan pemilihan strategi belajar yang baik, salah satu nya yaitu menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. Pendekatan ini mendorong siswa untuk membangun sendiri pengetahuan yang dimilikinya dengan menyelesaikan masalah kontekstual, jadi siswa diberi pengalaman yang berharga saat proses pembelajaran karena pembelajaran dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari. Serta penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan dari pendekatan Pendidikan Matematika Realistik terhadap kemampuan berpikir kreatis siswa, Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode quasi eskperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 3 Bilah Barat. Teknik sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling, sehingga sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII A dan siswa kelas VII B. Sampel kelas VII A menggunakan pendekatan konvensional, sedangkan sampel kelas VII B menggunakan pendekatan Pendidikan matematika realistik. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes yang sudah divalidasi oleh ahli, terdiri dari pretest dan posttest. Sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji t. Berdasarkan analisis data, soal posttest yang diberikan kepada siswa untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen setelah diberikan pendekatan pendidikan matematika realistik senilai 74,26 termasuk kategori kreatif. Untuk hasil uji hipotesis diperoleh t_hitung>t_tabel atau 7,663 > 2,007 dengan taraf signifikan 5%, maka H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat pengaruh yang signifikan dari Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 3 Bilah Barat
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, S.Pd.I., M.Pd |
Keywords: | Pendidikan matematika Realistik; Berpikir Kreatif; Himpunan |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 01:51 |
Last Modified: | 29 Apr 2025 04:10 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11959 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |