Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 1 Angkola Barat

Harahap, Nuraini (2024) Pengaruh model pembelajaran problem based learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada materi kubus dan balok di SMP Negeri 1 Angkola Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
Dokumen dari Nuraini Harahap - Nuraini Harahap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada soal kubus dan balok di SMP Negeri 1 Angkola Barat. Kemampuan berpikir kritis adalah keterampilan penting yang harus dimiliki siswa dalam menghadapi masalah matematika yang kompleks. Model PBL dipilih karena diyakini dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis melalui pendekatan yang melibatkan penyelesaian masalah nyata dan diskusi kelompok. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experimental Design. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Rancangan tersebut terdiri dari kelompok eksperimen dan kelompok kontro dengan menggunkan pretest-posttest untuk mengevaluasi perbedaan kemampuan berpikir kritis sebelum dan sesudah penerapan model PBL. Subjek uji coba dalam penelitian ini peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis dan dianalisis menggunakan uji statistik untuk menentukan signifikansi perubahan. Hasil uji statistik penelitian menunjukkan bahwa pada uji normalitas dengan Shapiro-Wilk dapat diketahui data dalam penelitian ini berdistribusi normal dan uji homogenitas dengan menggunakan levence test data dalam penelitian bersifat homogen dan hasil hipotesis melalui uji t dalam penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritsi siswa dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Ahmad Nizar Rangkuti, S.Si., M.Pd dan Lili Nur Indah Sari, M.Pd.
Keywords: Model pembelajaran; Problem based learning; Berpikir kritis; Materi kubus; Balok; SMP Negeri 1 Angkola Barat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 25 Apr 2025 04:59
Last Modified: 25 Apr 2025 04:59
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11937

Actions (login required)

View Item View Item