Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis wordwall terhadap motivasi belajar matematika pada materi bangun ruang di Kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat

Dalimunthe, Rabiahtul Adwiah (2024) Pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis wordwall terhadap motivasi belajar matematika pada materi bangun ruang di Kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020200051.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa dalam pembelajaran matematika, khususnya pada materi bangun ruang, sehingga menjadi perhatian utama dalam penelitian ini. Metode pembelajaran konvensional yang digunakan di SMP Negeri 1 Angkola Barat membuat siswa merasa bosan dan kurang terlibat. Selain itu, kurangnya integrasi teknologi dalam proses pembelajaran menyebabkan kurangnya motivasi siswa dalam belajar matematika. Guru perlu memanfaatkan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa khususnya pada materi bangun ruang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall terhadap motivasi belajar matematika pada materi bangun ruang di kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah Non Equivalent Control Pretest Postest Design. Populasi terdiri dari 4 kelas dengan jumlah 117 siswa, sedangkan sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 29 siswa. instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket motivasi belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall mendapatkan peningkatan motivasi belajar yang lebih tinggi dibandingkan dengan yang tidak menggunakan media pembelajaran tersebut. Selanjutnya dilakukan uji hipotesis menggunakan uji Independent Sample T-Test, hasil analisis menunjukkan bahwa t_hitung> t_tabel. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media pembelajaran interaktif berbasis Wordwall terhadap motivasi belajar matematika pada materi bangun ruangdi kelas VII SMP Negeri 1 Angkola Barat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Lelya Hilda, M.Si dan Diyah Hoiriyah, S.Pd.I., M.Pd
Keywords: Media pembelajaran interaktif; Wordwall; Motivasi belajar matematika; Materi bangun ruang; SMP Negeri 1 Angkola Barat
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130208 Mathematics and Numeracy Curriculum and Pedagogy
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr. Muhammad Ihsan Ritonga
Date Deposited: 25 Apr 2025 05:03
Last Modified: 29 Apr 2025 03:15
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11935

Actions (login required)

View Item View Item