Lubis, Dina Lestari (2024) Pengaruh literasi ekonomi dan Fashion Involvement terhadap pembelian impulsif produk fashion. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040200207.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Impulsif sering terjadi dalam konteks perilaku konsumen, di mana keputusan pembelian dilakukan secara spontan dan tanpa adanya rencana terlebih dahulu. Fenomena ini terjadi karena dipengaruhi oleh faktor lingkungan serta pemasaran. Peneliti fujiastuti menyatakan literasi ekonomi sebagai peningkatan pengetahuan yang disertai penerapan pengetahuan yang dimiliki menimbulkan perilaku pembelian yang bijak, tetapi mahasiswa lebih sering menggunakan emosi sehingga mengarah pada pembelian secara spontanitas. mahasiswa Ekonomi syariah UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan telah mempelajari mengenai aturan/etika konsumsi dalam Islam, akan tetapi masih banyak mahasiswa yang tidak mengikuti aturan konsumsi dalam Islam seperti masih suka membeli produk secara spontan tanpa memikirkan manfaat dari produk yang dibeli bahkan produk yang dibeli bukan berdasarkan kebutuhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi, fashion involvement terhadap pembelian impulsif produk fashion pada mahasiswa Ekonomi syariah UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sumber data primer. Teknik pengambilan sampel menggunakan rumus slovin dan teknik pengumpulan data melalui penyebaran angket kepada 70 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Metode analisis data yang dilakukan menggunakan Aplikasi SPSS versi 23. Uji analisis data: uji validitas, uji reliabilitas, uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, uji analisis regresi linear berganda dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel literasi ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif produk fashion sedangkan fashion involvement berpengaruh signifikan terhadap pembelian impulsif produk fashion pada mahasiswa Ekonomi syariah semester 9 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan. Hasil uji simultan pada penelitian ini menunjukkan bahwa variabel literasi ekonomi dan fashion involvment berpengaruh secara simultan terhadap pembelian impulsif produk fashion pada mahasiswa ekonomi syariah semester 9 UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Delima Sari Lubis, M.A dan Annida Karima Sovia, M.M |
Keywords: | Literasi; Fashion; Involvement; Impulsif |
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150503 Marketing Management (incl. Strategy and Customer Relations) 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms. Diva Rahmadani Damanik |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 04:12 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 07:19 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11925 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |