Nasution, Cinta (2025) Pemanfaatan media sosial youtube dalam peningkatan pembelajaran pendidikan agama islam di kelas XI SMKN 1 Simangambat Kabupaten Padang Lawas Utara. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
Bagi CINTA NASUTION -PAI - Cinta Nasution.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang pesat, khususnya dalam penggunaan media sosial YouTube sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran. Salah satu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pada mata pelajaran Fiqh adalah kurangnya variasi metode pengajaran yang dapat meningkatkan minat dan partisipasi siswa. Media sosial, khususnya YouTube, telah menjadi platform populer yang digunakan oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari, namun pemanfaatannya dalam pembelajaran belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tingkat pemanfaatan media sosial YouTube dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada mata pelajaran Fiqh oleh siswa kelas XI di SMKN 1 Simangambat serta mengidentifikasi manfaat dan kendala yang dihadapi dalam penggunaannya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan melalui wawancara dan observasi terhadap 28 siswa kelas XI di SMKN 1 Simangambat, 2 guru Pendidikan Agama Islam, dan Kepala Sekolah SMKN 1 Simangambat. Wawancara dilakukan untuk mendapatkan informasi mendalam mengenai pengalaman siswa dalam menggunakan YouTube sebagai alat pembelajaran, sedangkan observasi dilakukan untuk melihat interaksi siswa selama proses pembelajaran yang memanfaatkan YouTube. Hasil penelitian menunjukkan bahwa YouTube digunakan oleh siswa sebagai sumber tambahan dalam pembelajaran Fiqh, terutama untuk mencari video penjelasan tentang materi yang sulit dipahami di kelas. Manfaat yang dirasakan siswa adalah kemudahan akses, penyajian materi yang menarik, dan fleksibilitas waktu belajar. Namun, terdapat beberapa kendala, seperti terbatasnya akses internet bagi sebagian siswa dan kurangnya pengawasan guru dalam penggunaan YouTube. Meskipun demikian, hasil penelitian ini memberikan wawasan penting bagi pengembangan metode pembelajaran yang lebih variatif dengan memanfaatkan teknologi modern seperti media sosial YouTube. Penelitian ini menyarankan agar guru lebih aktif dalam mengarahkan siswa dalam penggunaan YouTube secara efektif sebagai bagian dari pembelajaran PAI, serta mempertimbangkan kendala teknis yang dihadapi siswa
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Lazuardi, M. Ag. dan Efrida Mandasari Dalimunthe, M. Psi. |
Keywords: | YouTube; Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Fiqh; Teknologi |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy 19 STUDIES IN CREATIVE ARTS AND WRITING > 1902 Film, Television and Digital Media > 190203 Electronic Media Art |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 04:30 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 04:30 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11914 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |