Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh media quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MIN 1 Labuhanbatu Selatan

Ritonga, Siti Istiqomah (2024) Pengaruh media quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MIN 1 Labuhanbatu Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020500080.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan dengan latar belakang bahwa gaya belajar siswa yang berbeda-beda menyebabkan perbedaan media pembelajaran yang digunakan. Siswa memiliki gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Perbedaan gaya belajar ini menuntut guru untuk memilih salah satu media yang berkaitan dengan gaya belajar siswa. Namun, hasil belajar tetap kurang maksimal dikarenakan media pembelajaran belum mencakup seluruh gaya belajar siswa. Berawal dari masalah ini maka peneliti menggunakan media quizizz dalam penelitian. Media quizizz dapat memadukan ketiga gaya belajar siswa sehingga hasil belajar mendapatkan hasil yang maksimal. Rumusan masalah pada penelitian ini “Apakah media quizizz berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MIN 1 Labuhanbatu Selatan?”. Maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas IV MIN 1 Labuhanbatu Selatan. Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan prosedur statistik. Metode penellitian adalah metode penelitian eksperimen (experimental research). Penelitian ini juga menggunakan Nonequivalent Control Group Design, pada desain ini kelompok eksperimen akan dibandingkan dengan kelompok kontol. Kelompok tersebut akan diberikan pretest kemudian diberi perlakuan, dan terakhir diberikan posttest. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap kelas kontrol dan kelas eksperimen maka terdapat pengaruh signifikan dalam penggunaan media quizizz terhadap hasil belajar IPAS di kelas IV MIN 1 Labuhanbatu Selatan. Nilai posttest rata-rata pada kelas kontrol yaitu sebesar 65,8 dan nilai postest rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 71,6.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Zulhammi, M.Ag. M.Pd dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Media quizizz; Hasil belajar.
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
13 EDUCATION > 1301 Education Systems
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms. Diva Rahmadani Damanik
Date Deposited: 24 Apr 2025 02:53
Last Modified: 25 Apr 2025 07:35
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11907

Actions (login required)

View Item View Item