Siregar, Widyana (2024) Penerapan model pembelajaran scramble untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada Siswa Kelas IV SDN 100106 Sibangkua Kecamatan Angkola Barat Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2020500159.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang masalah penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA. Hal ini disebabkan karena saat pembelajaran masih menggunakan metode ceramah dimana pembelajaran hanya berpusat pada guru saja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan model pembelajaran Sramble pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 100106 Sibangkua.. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dari permasalahan diatas maka perlu adanya perubahan pelaksanaan pembelajaran di kelas melalui penggunaan model Scramble dalam proses pembelajaran sehingga siswa lebih aktif di dalam kelas dan mendapat hasil belajar yang baik. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 100106 Sibangkua yang terdiri dari 13 siswa, 5 laki-laki dan 8 perempuan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini berupa tes, observasi dan dokumentasi. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Sramble dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil pra siklus sebelum tindakan, dengan nilai rata-rata 66,15 dan ketuntasan belajar sebesar 30%. Kemudian pada siklus I pertemuan I dengan nilai rata-rata 69,23 dan ketuntasan belajar sebesar 53%. Siklus I pertemuan II dengan nilai rata-rata 77,69 dan ketuntasan belajar sebesar 74%. Sedangkan pada siklus II pertemuan I dengan nilai rata-rata 81,53 dan ketuntasan belajar sebesar 84%. Dari siklus II data yang didapat telah mencapai nilai yang diharapkan dengan persentase paling tinggi yaitu 84%, sehingga penelitian ini bisa diberhentikan dengan nilai yang memuaskan. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Sramble dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA di kelas IV SDN 100106 Sibangkua.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Mariam Nasution, M.Pd dan Wilda Rizkiyahnur Nasution, M.Pd |
Keywords: | Model pembelajaan sramble; Hasil belajar; Pembelajaran IPA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 02:47 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 02:47 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |