Sahrana, Sahrana (2024) Strategi digital fundraising melalui media sosial dalam penghimpunan dana zakat di BAZNAS Kabupaten Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2040200239.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Mandailing Natal adalah wilayah yang sebagian besar penduduknya merupakan muslim. Sebagai seorang muslim tentunya masyarakat Mandailing Natal menunaikan rukun Islam yang ketiga yaitu membayar zakat. Salah satu cara penghimpun dana zakat yang efisien dan efektif adalah menggunakan strategi digital fundraising. Digital fundraising merupakan patokan pertama dalam keberhasilan organisasi pengelola zakat dalam menghimpun dan menyalurkannya, hal ini disebabkan agar mampu membantu program pendayagunaan terlaksana dengan baik. Dengan adanya digital fundraising melalui social media memberi kemudahan terhadap lembaga penghimpun dana zakat dalam menghimpun zakat dari muzakki. Jumlah zakat di BAZNAS Kabupaten Mandailing Natal pada tahun 2023 ditargetkan mampu mencapai 4,8 Miliar, namun yang telah dihimpun sebesar 1,2 miliar. Jenis penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang bermaksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami oleh subjek penelitian misalnya perilaku, motivasi, persepsi, tindakan dan lain-lain secara holistic dan dengan cara deskripsi. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Instrumen pengumpulan data dikatakan berhasil atau tidaknya suatu penelitian merupakan pengumpulan data. Instrumen yang dilakukan peneliti dalam penelitian ini adalah wawancara dengan informan. Strategi digital fundraising yang di gunakan dalam penghimpunan dana zakat oleh BAZNAS Kabupaten Mandailing Natal terdiri dari tiga kegiatan yaitu: a. Promotion, melalui Website, Iklan dan Organic Social Media (seperti Facebook, Instagram Promosi Menggunakan WhatsApp) b. Public Relation c. Payroll.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Muhammad Isa, S.T., M.M. dan Damri Batubara, M.A. |
Keywords: | Strategi digital; Fundraising; Media sosial; Zakat; BAZNAS; Kabupaten Mandailing Natal |
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012725 Baitul Mal wat Tamwil (BMT) 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Mrs. Mutia Handayani |
Date Deposited: | 11 Apr 2025 08:04 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 09:02 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11881 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |