Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh lifestyle dan islamic branding terhadap keputusan konsumen membeli busana muslim di Kota Padangsidimpuan

Harahap, Nanda Fitriani (2024) Pengaruh lifestyle dan islamic branding terhadap keputusan konsumen membeli busana muslim di Kota Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200049.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Keputusan konsumen merupakan proses integrasi dengan mana pengetahuan dikombinasikan untuk mengavaluasi dua atau lebih alternatif perilaku kemudian memilih satu. Memutuskan berarti memilih salah satu dari dua atau lebih alternatif. Menurut hasil wawancara dengan beberapa masyarakat Padangsidimpuan Kelurahan Sihitang menyatakan bahwa ada yang berpendapat bahwa lifestyle dan Islamic branding merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen, namun ada juga yang berpendapat bahwa lifestyle dan Islamic branding tidak mempengaruhi keputusan konsumen dalam melakukan pembelian busana muslim. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lifestyle dan islamic branding terhadap keputusan konsumen membeli busan muslim di Kota Padangsidimpuan. Jenis penelitian yang digunakan peneliti ialah metode kuantitatif, dengan sumber data primer dan populasi dari penelitian ini ialah seluruh masyarakat muslim Kelurahan Sihitang yang berjumlah 2172 jiwa sedangkan sampel penelitian ini berjumlah 100 orang dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan angket. Analisis yang digunakan yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, uji hipotesis (uji t, uji f, uji koefisien determinasi), dengan bantuan apliaksi SPSS 26. Berdasarkan hasil uji secara parsial (uji t) menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh lifestyle terhadap keputusan konsumen yang mana H01 diterima dan Ha1 ditolak, dan tidak ada pengaruh Islamic branding terhadap keputusan konsumen ynag mana H02 diterima dan Ha2 ditolak. Pada uji f tidak ada pengaruh lifestyle dan Islamic branding secara simultan H03 diterima dan Ha3 ditolak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Windari, S.E., M.A dan M. Yarham, M.H
Keywords: Lifestyle; Islamic branding; Keputusan konsumen
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012701 al-Bai’ (incl. al-Khiyar)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 11 Apr 2025 05:20
Last Modified: 15 Apr 2025 01:33
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11868

Actions (login required)

View Item View Item