Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap keputusan menginap di Hotel Natama Syariah

Rizki, Patima (2024) Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan fasilitas terhadap keputusan menginap di Hotel Natama Syariah. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2040200092.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (7MB)

Abstract

Di era globalisasi saat ini, jasa persaingan perhotelan sangat ketat, dapat dilihat dari banyak nya perusahaan perhotelan. Hotel salah satu perusahaan yang bergerak dalam bidang jasayang semakin berkembang, tetapi masih banyak pengunjung yang merasa pelayanan hotel masih kurang baik dengan adanya keluhan para pengunjung. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu ekonomi sehubungan dengan itu teori yang mengatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh terhadap keputusan menginap begitu juga dengan harga berpengaruh terhadap keputusan menginap dan fasilitas juga berpengaruh terhadap keputusan menginap. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Instrument pengumpulan data menggunakan angket dengan jumlah sampel 75 pengunjung. Alat analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, analisis uji asumsi klasik, regresi liner berganda dan uji hipotesis Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: Kualitas Pelayanan (X1) berpengaruh positif terhadap keputusan menginap (Y). Variabel Harga (X2) berpengaruh terhadap Keputusan Menginap (Y). Dan Variabel Fasilitas (X3) berpengaruh positif terhadap Keputusan Menginap. Sedangkan secara bersama–sama (simultan) variabel kualitas pelayanan (X1) harga (X2) dan fasilitas (X3) terhadap variabel keputusan menginap(Y). Hal ini dapat dibuktikan dari hasil uji parsial pada variabel kualitas pelayanan dengan perbandingan nilai thitung dan ttabel thitung > ttabel = (2.935>1.66660). begitu juga pada variabel harga thitung > ttabel = (8.673> 1.66660) dan juga pada variabel fasilitas thitung > ttabel = (6.132 > 1.66660) dan hasil uji simultan pada variabel kualitas pelayanan harga dan fasilitas dengan perbandingan nilai fhitung > ftabel = ( 58.374 > 2.16).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Nofinawati, S.E.I., M.A dan Muhammad Wandisyah R Hutagalung, M.E
Keywords: Kualitas pelayanan; Harga; Fasilitas; Keputusan menginap; Hotel Natama Syariah
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1504 Commercial Services > 150402 Hospitality Management
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150501 Consumer-Oriented Product or Service Development
15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr. Ahmad Kamal Siregar
Date Deposited: 11 Apr 2025 04:54
Last Modified: 14 Apr 2025 08:38
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11865

Actions (login required)

View Item View Item