Nasution, Ismi Anriza Azizah (2024) Strategi konvergensi Radio KIIS 106.6 FM di tengah persaingan industri penyiaran di Kota Padangsidimpuan (peluang dan tantangan). Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
2030100004.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Radio KIIS FM Padangsidimpuan, sebagai media lama memanfaatkan teknologi internet dengan menerapkan strategi konvergensi media untuk bersaing di era digital. Tujuan penelitian untuk mengetahui langkah-langkah Radio KIIS 106.6 FM Padangsidimpuan agar tetap eksis, untuk mengetahui pelaksanaan strategi konvergensi Radio tersebut dan untuk mengetahui peluang dan tantangan yang muncul dengan pelaksanaan strategi konvergensi media tersebut. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Informan pada penelitian ini berjumlah lima orang yang terdiri dari Direktur, Stasiun Manajer, serta Penyiar Radio KIIS FM Padangsidimpuan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini, menunjukkan bahwa Langkah-langkah Radio KIIS FM agar tetap eksis dengan melakukan perencanaan segmentasi pendengar berdasarkan karakteristik audiens seperti minat, usia, profesi audiens dan lainnya, menghadirkan program yang kreatif dan menarik seperti kuis show berhadiah dan menghadirkan upgrade program siaran yang banyak diminati seperti program musik WARALABA dan ceramah interaktif Obat Hati, dan penggunaan media baru sebagai media publikasi dan sharing melalui akun resmi radio melalui WhatsApp, Instagram, Facebook, TikTok, Youtube dan Web streaming. Pelaksanaan strategi 3M pada konvergensi Radio KIIS FM di tengah persaingan industri penyiaran di kota padangsidimpuan dengan konvergensi Multimedia Produksi konten dan informasi beragam, dengan penyiar membagikan flyer dalam format gambar yang dikombinasikan dengan teks, video reels dalam format audiovisual sehingga audiens dapat melihat, mendengar, membaca, serta memilih informasi yang diinginkan, mengenai kegiatan dan program siaran radio, Multichannel yang mendistribusikan informasi melalui berbagai platform online atau media sosial radio untuk menyalurkan konten yang beragam, mempermudah berinteraksi dengan pendengar, juga dengan Multiplatform, radio KIIS FM menjadi lebih mobile, dapat diakses melalui perangkat digital baik smarthphone, komputer, atau laptop sehingga lebih efisien. Peluang dan tantangan yang muncul dengan pelaksanaan strategi konvergensi media tersebut, menggunakan analisis SWOT, bahwa konvergensi media menawarkan peluang untuk meningkatkan penetrasi audiens dan pendapatan melalui periklanan dengan kualitas produksi yang kaya dan beragam, namun juga memunculkan tantangan dengan ketidak konsistenan dan terbatasnya platform yang aktif dimanfaatkan, dapat menyebabkan kehilangan eksistensi, pengalihan audiens ke pesaing. Sehingga, menjadi keharusan dengan memaksimalkan konvergensi media untuk mampu bertahan di tengah persaingan media penyiaran radio di Kota Padangsidimpuan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Sholeh Fikri, M.Ag dan Nurfitriani M. Siregar, M.Kom.I |
Keywords: | Strategi konvergensi media; Radio; KIIS FM |
Subjects: | 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies 10 TECHNOLOGY > 1005 Communications Technologies |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 14 Apr 2025 06:35 |
Last Modified: | 14 Apr 2025 06:35 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |