Siregar, Parlindungan (2018) Metode Menghafal Al-Qur’an Siswa Di MIS Al-Hijrah Bintuju Kecamatan Batang Angkola. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.
Text
14 201 00182.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Latar Belakang penelitian ini merupakan kajian terhadap metode menghafal Al-Qur’an siswa di MIS Al-Hijrah Bintuju pada pelaksanaannya hanya sebagian siswa saja yang bisa mencapai tujuan menghafal dan banyak metode yang kurang cenderung dilaksanakan sebagaimana mestinya. Rumusan masalah penelitian ini adalah metode apa yang digunakan siswa dalam menghafal Al-Qur’an, Faktor apa saja yang yang menjadi pendukung dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an, Usaha yang dilakukan ustadz dan ustadzah dalam mengatasi hambatan menghafal Al-Qur’an di MIS Al-hijrah Bintuju Kecamatan Batang Angkola. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan metode yang dipakai siswa, faktor pendukung dan penghambat siswa menghafal, dan mendeskripsikan usaha mengatasi hambatan siswa dalam menghafal Al-Qur’an. Kegunaan penelitian ini untuk bahan kajian dan menjadi karya tulis ilmiah di lingkup pendidikan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu Al-Qur’an. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan metode menghafal Al-Qur’an, sistem ingatan manusia dalam menghafal, tujuan dan teknik menghafal Al-Qur’an, faktor pendorong dan penghambat dalam menghafal Al-Qur’an, upaya mengatasi hambatan, dan keutamaan bagi orang menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertempat di MIS Al-Hirah Bintuju. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dan jenisnya penelitian ini kualitatif deskriftif. Objek penelitian ini Metode Menghafal Al-Qur’an di MIS Al-Hijrah Bintuju, subjek penelitian di sini adalah 5 orang siswa dan 2 orang guru tahfidz sebagai informan. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data dengan triangulasi data yaitu observasi, wawancara, dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian Metode menghafal yang siswa gunakan berbagai jenis yaitu Metode Tahfizh, Metode Takrir, Metode Tahsin. Faktor pendukung siswa menghafal adalah dengan selalu memberinya dorongan, membimbing siswa dalam menghafal Al-Qur’an dan juga adanya para Asatidz yang lebih pandai, dan berpengalaman dalam menghafal Al-Qur’an. Berbagai faktor hambatan siswa dalam menghafal Al-Qur’an adalah kurangnya kesungguhan untuk menghafal Al-Qur’an, kurangnya konsentrasi seperti halnya ketika siswa lainnya menghafal ternyata ada yang sedang berbicara dengan temannya sehingga siswa lainnya menjadi terbagi konsentrasinya. Usaha ustadz dan ustadzah mengatasi hambatan menghafal Al-Qur’an diantaranya memberikan motivasi, siswa diminta mengulang hafalan, memberikan hadiah bagi siswa yang lebih awal dalam menghafal, selalu memberikan bimbingan bagi siswa yang kurang cepat dalam menghafal
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | metode; alquran |
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms. Suci Syahfifa Nasution |
Date Deposited: | 03 May 2020 15:01 |
Last Modified: | 04 May 2020 06:21 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1183 |
Actions (login required)
View Item |