Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan strategi card sort dalam peningkatan kemampuan membaca Alquran anak di Kelurahan Padangmatinggi Lestari Kecamatan Padangsidimpuan Selatan

Pane, Nurindah Sari (2018) Penerapan strategi card sort dalam peningkatan kemampuan membaca Alquran anak di Kelurahan Padangmatinggi Lestari Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00180.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

membahas tentang gambaran hasil peningkatan kemampuan membaca Alquran, penerapan strategi card sort dalam pembelajaran Alquran. Permasalahan yang sering terjadi dalam membaca Alquran ialah ketika melafazkan bunyi huruf Alquran. Maka muncul permasalahan membaca Alquran anak di Kelurahan Padangmatinggi Lestari masih kurang dalam pelafalan huruf yang sesuai dengan makhraj. Misalnya dalam pelafalan huruf kho, syin, tsa dan lain-lain. Untuk itu peneliti memberikan solusi dengan menerapkan strategi card sort dalam pembelajaran. Dengan penerapan strategi card sort ini diharapkan agar kemampuan membaca Alquran anak dapat meningkat sesuai dengan makhrijul huruf Alquran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi card sort dapat meningkatkan kemampuan membaca Alquran anak di Kelurahan Padagmatinggi Lestari Kecamatan Padangsidimpuan Selatan. Penelitian ini adalah penelitian Partisipatory Action Research (PAR), penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah sebanyak 8 orang anak. Intsrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi, analisa data dilaksanakan dengan cara deskriptif kualitatif. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa: peningkatan kemampuan membaca Alquran anak dapat meningkat dengan penerapan strategi card sort. Peningkatan ini dapat dilihat dari hasil tes yang diberikan peneliti dan juga hasil observasi. Hasil tindakan pada siklus I adalah 17, 87, siklus II 19,26, dan siklus III 20,62. Dilihat dari hasil tindakan siklus I sampai siklus III terdapat peningkatan jumlah nilai yang menunjukkan adanya tingkat kemampuan membaca Alquran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Al-Qur'an; card sort
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040301 Al-Quran, Tafsir and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 03 May 2020 14:54
Last Modified: 03 May 2020 14:54
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item