Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Mandalasena Kabupaten Tapanuli Selatan

Rambe, Yusril Pahlepi (2024) Implementasi kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Mandalasena Kabupaten Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
YUSRIL PAHLEPI RAMBE - PAI pdf - YUSRIL PAHLEPI.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan kurikulum yang diputuskan oleh kemendikbud. Oleh karena itu pentingnya implementasi kurikulum Merdeka pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Mandalasena Kabupaten Tapanuli Selatan. Hal ini disebabkan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan harus digunakan untuk menerapkan pembelajaran berkualitas. Karena kurikulum adalah inti pendidikan, sehingga pendidikan akan berjalan dengan baik jika digunakan sebagai penyangga utama. Kurikulum memiliki banyak komponen konstruktif untuk mencapai tujuan pembelajaran. dengan begitu implementasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan pembelajaran akan membawa dampak yang baik terhadap tujuan pembelajaran. dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana guru PAI menerapkan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran serta untuk mengetahui bagaimana permasalahan yang dihadapi siswa dalam menerima penerapan Kurikulum Merdeka pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Mandalasena Kabupaten Tapanuli Selatan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran di SMP Negeri 3 Mandalasena Kabupaten Tapanuli Selatan adalah guru PAI menerapkan dengan baik karena para guru dan kepala sekolah mengupayakan agar prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dapat tersampaikan sesuai dengan tujuan kurikulum. Dan kepala sekolah mengadakan rapat guru sebagai upaya untuk guru bisa lebih mengenal dan memahami prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka dalam merancang dan mengenal pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi siswa dalam menerima penerapan Merdeka pada pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Mandalasena Kabupaten Tapanuli Selatan ada beberapa permasalahan yaitu: minat siswa yang kurang dalam belajar, sarana prasarana yang belum memadai, serta keterbatasan buku pegangan siswa akan berakibat pada siswa yang pasif dalam mendengarkan guru ketika menjelaskan pembelajaran

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Abdusima Nasution, M.A dan Dr. H. Sufrin Efendi Lubis, Lc., M.A
Keywords: Implementasi; Kurikulum Merdeka; Pembelajaran PAI.
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Mar 2025 05:05
Last Modified: 27 Mar 2025 05:05
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11812

Actions (login required)

View Item View Item