Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrate Reading and Composition (CIRC) terhadap penguasaan konsep biologi untuk Siswa Kelas X IPA MAN 4 Mandailing Natal

Nurlina, Nurlina (2024) Pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrate Reading and Composition (CIRC) terhadap penguasaan konsep biologi untuk Siswa Kelas X IPA MAN 4 Mandailing Natal. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
2020800009.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini didasarkan pada penguasaan konsep siswa yang belum maksimal pada materi ekosistem. Hal ini didasarkan pada pembelajaran di kelas yang masih cenderung berpusat pada pendidik sehingga siswa hanya mendengarkan dan mengerjakan tugas, akibatnya siswa merasa bosan dan kurangnya kerjasama sehingga penguasaan konsep siswa tidak optimal.Pembelajaran Cooperative Integrate Reading and Composition(CIRC) merupakan gabungan membaca dan komposisi terpadu yang menuntut siswa untuk dapat berperan aktif membangun sendiri pengetahuannya serta dapat meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi.Model pembelajaran ini menuntut siswa untuk mampu mengeluarkan gagasannya melalui diskusi kelompok.Penelitian ini bertujuan untk mengetahui pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrate Reading and Composition (CIRC) terhadap penguasaan konsep biologi untuk siswa kelas X IPA MAN 4 Mandailing Natal. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Ipa MAN 4 Mandailing Natal dengan jumlah populasi 2 kelas. Sampel penelitian yaitu kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrate Reading and Composition (CIRC) dan kelas X IPA 2 sebagai kelas kontrol dengan metode konvensional.Intrument pengumpulan datanya adalah tes pilihan berganda sebanyak 20 soal.Tes tersebut diberikan 2 kali, sebelum diberi perlakuan (pretest) dan sesudah diberi perlakuan (posttest). Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan dilanjutkan uji hipotesis dengan uji-t.Sedangkan pengolahan datanya menggunakan SPSS v. 24. Berdasarkan hasil data pretest dan posttest, pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t sehingga diperoleh nilai uji-t sig. (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05 maka dapat ditarik kesimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Cooperative Integrate Reading and Composition (CIRC) terhadap penguasaan konsep biologi untuk siswa kelas XIPA MAN 4 Mandailing Natal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Fery Kurniawan, M.Si dan Syafrilianto, M.Pd
Keywords: Model pembelajaran Cooperative Integrate Reading and Composition (CIRC); Penguasaan konsep; Ekosistem
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130212 Science, Technology and Engineering Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Mar 2025 05:05
Last Modified: 14 Apr 2025 02:58
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11812

Actions (login required)

View Item View Item