Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTsN 4 Tapanuli Selatan

Harahap, Elvida Sari (2025) Implementasi pembelajaran berdiferensiasi dalam kurikulum merdeka pada mata pelajaran sejarah kebudayaan islam di MTsN 4 Tapanuli Selatan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.

[img] Text
Skripsi Elvida Sari Harahao - Elvida sari Harahap.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan dalam implementasi pembelajaran berdiferensiasi. Yang dimana pembelajaran berdiferensiasi pada aspek konten, proses, dan produk telah dilaksanakan, sedangkan aspek lingkungan belum terpenuhi. Hal ini mengindikasikan adanya potensi untuk meningkatkan kualitas pembelajaran lebih lanjut, terutama dalam mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang membahas sejarah kenabian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada aspek konten, proses dan produk di Madrasah Tsanawiyah Negeri 4 Tapanuli Selatan. Metodologi yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data adalah triangulasi. Teknik analisis data adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran berdiferensiasi pada aspek konten, proses, dan produk di MTsN 4 Tapanuli Selatan telah memberikan dampak yang cukup baik bagi siswa. Dengan memberikan variasi dalam penyampaian materi, fleksibilitas dalam proses belajar, dan kebebasan dalam memilih bentuk produk akhir, pembelajaran berdiferensiasi telah berhasil menciptakan lingkungan belajar yang baik dan mendorong siswa untuk aktif membangun pengetahuannya. Meskipun terdapat beberapa kendala, secara keseluruhan, pendekatan ini telah berhasil meningkatkan kualitas pembelajaran dan mempersiapkan siswa untuk menjadi siswa yang mandiri dan kreatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Supervisors: Dr. Magdalena, M.Ag. dan Asriana Harahap, M.Pd.
Keywords: Pembelajaran Berdiferensiasi; Kurikulum Merdeka; Sejarah Kebudayaan Islam
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja
Date Deposited: 27 Mar 2025 02:26
Last Modified: 27 Mar 2025 02:26
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11805

Actions (login required)

View Item View Item