Electronic Theses of UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan

Penerapan metode demonstrasi dalam peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih materi salat di kelas VIIa MTs S Darul Istiqomah Huta Padanng Kec. Padangsidimpuan Tenggara

Ernawati, Tuti (2018) Penerapan metode demonstrasi dalam peningkatan hasil belajar siswa pada bidang studi fiqih materi salat di kelas VIIa MTs S Darul Istiqomah Huta Padanng Kec. Padangsidimpuan Tenggara. Undergraduate thesis, IAIN Padangsidimpuan.

[img] Text
14 201 00114.pdf - Accepted Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini yaitu: guru memiliki peranaan yang sangat penting dalam pembelajaran disamping guru harus menguasai materi pelajaran, guru juga dituntut untuk mampu menguasai metode pengajaran sesuai materi yang diajarkan. Jika metode dalam pembelajaran tidak dikuasai, maka penyampaian materi ajar menjadi tidak maksimal, seperti yang terjadi di MTs S Darul Istiqomah guru kurang mampu dalam memilih dan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga hasil belajar siswa kurang memuaskan, dan masih sedikit siswa yang mencapai KKM yang telah ditetapkan yaitu 80%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “ apakah dengan penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi Fiqih materi salat di kelas VIIa MTs S Darul Istiqomah Huta Padang Kec. Padangsidimpuan Tenggara”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui hasil belajar siswa pada bidang studi Fiqih materi salat di kelas VIIa MTs S Darul Istiqomah setelah menerapkan metode demonstrasi. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan metode demonstrasi yang digunakan dalam pembelajaran Fiqih materi salat dalam peningkatan hasil belajar siswa. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan metode demonstrasi, hasil belajar, Fiqih dan salat. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Satu siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (aplication), pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Jumlah siklus dalam penelitian ini adalah II siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Adapaun subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIIa MTs S Darul Istiqomah dengan jumlah siswa 25 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: penerapan metode demonstrasi pada materi salat dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIIa di MTs S Darul Istiqomah Huta Padang Kec. Padangsidimpuan Tenggara. Hal ini dapat dinyatakan dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada materi salat yang dapat dilihat berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa. Pada prasiklus yang dilakukan peneliti hasil belajar siswa aspek psikomotorik mencapai 16%, pada siklus I meningkat menjadi 60% dan pada siklus II meningkat menjadi 92%, dan dari aspek kognitif hasil belajar siswa prasiklus yaitu 24%, pada siklus I meningkat menjadi 48%, dan pada siklus II meningkat menjadi 92%, maka dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan metode demonstrasi pada materi salat hasil belajar siswa benar- benar memperoleh peningkatan dan mencapai KKM yang telah ditentukan yaitu 80%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: pembelajaran; guru; hasil belajar
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021409 Thuruq al-Tadris (Teaching Methods)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies > 22040304 Fiqh, Ushul Fiqh, Islamic Jurisprudence, and related science
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Suci Syahfifa Nasution
Date Deposited: 03 May 2020 14:31
Last Modified: 03 May 2020 14:31
URI: http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/1180

Actions (login required)

View Item View Item