Putri, Delia Metha (2024) Penerapan model CINTA dalam pembelajaran Bahasa Indonesia untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SD Negeri 200220 Padangsidimpuan. Undergraduate thesis, UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
![]() |
Text
1920500212.pdf - Accepted Version Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike. Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 200220 Padangsidimpuan pada pelajaran Bahasa Indonesia karena model yang digunakan oleh guru disekolah masih berpusat pada guru, yang dimana guru menggunakan metode umum seperti ceramah, diskusi, tanya jawab & penugasan. Hal ini mempengaruhi minat siswa dalam mengikuti pelajaran. Untuk itu diperlukan motode yang dapat membuat siswa aktif dalam proses belajar salah satunya dengan menerapkan model CINTA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model CINTA dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa pada materi teks narasi untuk mengetahui pelaksanaan model CINTA pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 200220 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) model Kurt Lwein, terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleks. Adapun subjek utaman pada penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 200220 Padangsidimpuan berjumlah 29 siswa terdiri dari 15 laki-laki dan 14 perempuan.. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kemampuan belajar siswa kelas V mengalami peningkatan di setiap siklusnya dari pra tes dengan kategori tuntas tidak ada atau 0 siswa (100%), sedangkan kategori yang tidak tuntas 29 siswa (0%). Siklus I pertemuan I kategori tuntas sebanyak 3 siswa, sedangkan yang tidak tuntas sebanyak 26 siswa. Pertemuan II kategori tuntas 6 siswa, sedangkan kategori tidak tuntas sebanyak 23 siswa dapat dikatan pada kondisi ini cukup di awal permulaan. Selanjutnya pada siklus II pertemuan I kategori tuntas sebanyak 23 siswa, sedangkan kategori tidak tuntas sebanyak 6 siswa. Siklus II pertemuan II kategori tuntas sebanyak 27 siswa, sedangkan kategori tidak tuntas sebanyak 2 siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Supervisors: | Dr. Erna Ikawati, M.Pd dan Dr. Maulana Arafat Lubis, M.Pd |
Keywords: | Hasil Belajar Siswa; Bahasa Indonesia; Model CINTA |
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Fatimah Adzahro Ramadani Gaja |
Date Deposited: | 24 Mar 2025 02:59 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:32 |
URI: | http://etd.uinsyahada.ac.id/id/eprint/11778 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |